Jambi (ANTARA News) - Ketua DPP PDI Perjuangan Theo Syafei mengingatkan kader partai untuk tidak mencari uang di partai, kalau itu dilakukan kader itu sama saja dengan karyawan.

Pernyataan tersebut dikemukakan Theo saat menghadiri rapat kerja daerah khusus (Rakerdasus) DPD PDIP Provinsi di Jambi, Selasa, menanggapi adanya kader yang mengeruk keuntungan dari parpol.

Rakerdasus itu untuk menetapkan bakal calon gubernur Jambi yang akan diusung PDIP untuk maju pada Pilkada gubernur Jambi 2010.

Ia mengatakan, berdasarkan pengalaman suksesi Pilkada gubernur Jambi 2004 lalu, diduga ada oknum pengurus DPRD PDIP Provinsi Jambi kerap keuntungan pribadi dari kandidat yang dijagokan partainya.

Tentunya kondisi ini tidak sejalan dengan kebijakan partai, PDIP berkeinginan mengusung kandidat yang benar-benar memiliki program, visi dan misi yang jelas soal pembangunan Jambi ke depan dan diyakini mampu memajukan dan mengakomodir kepentingan partai.

Selain itu, harus memenuhi syarat-syarat sesuai undang-undang dan ketentuan yang diatur dalam AD/ART dan peraturan ogranisasi partai.

Namun dengan adanya permainan oknum pengurus tersebut, apa yang diharapkan tidak akan terwujud.

"Akhirnya PDIP tidak mendapat apa-apa. Ke depan ini tidak boleh terjadi. Kalau pun ada kontribusi, itu buat kepentingan partai dan langsung masuk ke kas partai," tegas Theo.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Irsal juga menyinggung soal adanya "karyawan" di dalam PDIP, artinya jangan jadikan partai untuk mencari uang.

Kalaupun ada kandidat yang hendak maju dari PDIP hendaknya sosok yang benar-benar pantas untuk didukung dan didiyakini mampu mewujudkan pembangunan Jambi serta membesarkan partai ke depan.

Sementara itu, wacana PDIP-PPP akan berkoalisi untuk mengusung bacagub Jambi makin kentara terlihat, salah satu indikasinya kedua pihak semakin mengintensifkan komunikasi.

Sekretaris Tim Penjaringan Calon Gubernur (Cagub) DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto ketika ditanya menyatakan tidak tertutup kemungkinan partainya akan berkoalisi dengan PPP untuk mengusung bacagub Jambi.

Sementara itu, Sekretaris DPW PPP Provinsi Jambi Mirza Ansory saat dikonfirmasi juga mengaku tidak menutup kemungkinan antara PPP dan PDIP tercipta sebuah kesepakatan berkoalisi di Pilkada gubernur Jambi, termasuk karena ada kesamaan figur yang mendaftar antara dua partai ini.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009