Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Malaysia sejak Rabu ini disambut dengan penuh rasa persaudaraan dan kekeluargaan.

"Yang ingin saya tekankan, seharian kita di sini adalah suasana persaudaraan dan kekeluargaan. Ini patut diapresiasi oleh saudara-saudara kita di Tanah Air bahwa di Malaysia baik pemerintah maupun masyarakat kental sekali respek mereka terhadap Indonesia," kata Juru Bicara Presiden Dino Patty Djalal di Kuala Lumpur, Rabu.

Dino mengatakan hal itu usai kunjungan kehormatan Perdana Menteri Malaysia Dato` Sri Mohammad Najib bin Haji Tun Abdul Razak kepada Presiden Yudhyono di ruang Jade Hotel Mandarin Kuala Lumpur.

Menurut Dino, dalam pertemuan itu PM Najib mengucapkan terima kasih dan penghargaan dan rasa bangga karena Malaysia merupakan negara pertama yang dikunjungi oleh Presiden Yudhoyono terpilih untuk kedua kalinya.

Sementara, Ibu Ani Yudhoyono, lanjut Dino dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Istri PM Malaysia Rosmah Mansur karena beliau mengambil prakarsa untuk mengirim bantuan dari istri-istri menteri di Malaysia untuk korban gempa di Padang.

Pada malam ini, Presiden akan menghadiri jamuan makan malam di kediaman PM Najib di Putra Jaya.

Menurut Dino, jamuan makan malam akan diselenggarakan secara informal dengan pakaian batik dari kedua belah pihak dan diusahakan sedikit mungkin protokoler.

"Akan banyak acara kesenian yang mungkin akan menampilkan Presiden Yudhoyono sendiri tapi malam ini berbeda dari acara kenegaraan lainnya, acara antara dua sahabat dan merupakan acara informal yang penuh dengan suasana kekeluargaan dan persaudaraan," katanya.

Agenda Kamis (12/11) besok akan dilakukan pertemuan bilateral yang akan didahului dengan pertemuan empat mata antara Presiden Yudhoyono dengan PM Najib.

Setelah itu kedua kepala Pemerintahan akan bertemu dengan Eminent Person Group, yaitu kelompok yang berisi tokoh-tokoh Indonesia dan Malaysia untuk membahas langkah ke depan dalam hubungan Indonesia dan Malaysia.

Ikut dalam kunjungan kehormatan itu, Mensesneg Sudi Silalahi, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menprin MS Hidayat, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menbudpar Jero Wacik, Menegpora Andi Malarangeng dan Kepala BKPM Gita Wirjawan.

Sebelumnya Presiden Yudhoyono yang tiba di Kuala Lumpur Rabu siang disambut dengan upacara kenegaraan di halaman Gedung Parlemen Malaysia oleh Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong XIII Mizan Zainal Abidin dan PM Dato` Sri Mohammad Najib bin Haji Tun Abdul Razak.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009