Makassar (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam beberapa Lembaga Kemahasiswaan ambil bagian dalam aksi kemanusiaan membantu masyarakat korban bencana alam di Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FT Unhas Ir Mukti Ali, ST MT PhD di Makassar, Ahad, menuturkan tim relawan dari lembaga mahasiswa FT Unhas ambil bagian bersama elemen masyarakat lainnya untuk meringankan beban masyarakat di lokasi bencana.

"Tim relawan FT Unhas yang berangkat ke lokasi terdiri dari beberapa lembaga kemahasiswaan tingkat departemen seperti Himpunan Mahasiswa Geologi, Sipil, Mesin, Elektro, Lingkungan, Pertambangan, Perkapalan, Kelautan, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala 09) FT-Unhas, tim pertama sudah ada dilokasi sejak Jumat. Tim lainnya segera menyusul," kata Mukti.

Baca juga: Jaringan Telkomsel pulih 100 persen di Luwu Utara pascabencana banjir

Baca juga: Tenaga medis korban banjir bandang diingatkan terapkan protokol


Masing-masing dari lembaga kemahasiswaan tersebut mengirimkan tim relawan untuk turun ke lokasi bencana memberikan bantuan dan juga terlibat langsung dalam membantu masyarakat membersihkan lokasi bekas banjir.

Selain mengirimkan tim relawan, lembaga kemahasiswaan FT Unhas juga menyalurkan bantuan logistik berupa sandang, pangan, obat-obatan, pakaian bekas, dan kebutuhan lainnya. Rencananya, tim relawan akan berada dilokasi dengan menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Kita apresiasi semangat kemanusiaan para mahasiswa kami. Pimpinan Fakultas dalam pesannya ke tim meminta untuk tetap waspada terhadap kondisi lingkungan dan mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga dari wabah COVID-19," kata Mukti.

Selain bantuan kemanusiaan, Fakultas Teknik Unhas akan melakukan kajian-kajian terhadap upaya mitigasi bencana guna menghindari kejadian serupa di masa depan.

Bencana banjir bandang di Masamba menyebabkan korban dan kerugian yang dialami oleh masyarakat. Situasi kerusakan dan korban telah mendorong lahirnya solidaritas bersama berbagai elemen masyarakat di berbagai wilayah.*

Baca juga: Total korban jiwa banjir bandang Luwu Utara 36 orang, sebut BNPB

Baca juga: Bawa logistik, Pramuka Unhas kirim bantuan korban banjir Masamba

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020