Jakarta,(ANTARA News) - Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution mengatakan pegawai BI praktis tidak mengalami kenaikan gaji.

"Kenaikan anggaran sebesar 4,2 persen itu untuk yang naik pangkat dan pegawai baru. Jadi praktis tak ada kenaikan gaji pegawai," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin.

Hal ini diungkapkan Darmin ketika menjawab pertanyaan beberapa anggota Komisi XI terhadap pengeluaran untuk anggaran tahunan BI (ATBI) 2010 yang dialokasikan sebesar Rp5,08 triliun dengan rincian untuk pengelolaan gaji tunjangan Rp1,56 triliun atau meningkat 4,26 persen.

Beberapa anggota Komisi XI mempertanyakan kenaikan gaji pada saat ini yang dianggap tidak etis karena kondisi perekonomian yang belum pulih dan pandangan BI terhadap beberapa kasus perbankan, seperti Bank Century.

Anggota Komisi XI Muradi Darmansyah dari Partai Hanura mengatakan permasalahan gaji harus ditinjau dari sisi kewajaran karena masih adanya kinerja BI yang kurang seperti dari sisi pengawasan bank sehingga muncul kasus seperti Bank Century.

Sementara Eva Kusuma Sundari mengatakan mempertanyakan gaji dan tunjangan lain-lain bisa mencapai Rp3 triliun.

"Gaji dan tunjangan lain-lain bisa mencapai Rp3 triliun, sementara anggaran DPR Rp 2 Triliun sudah untuk semuanya, karena itu tolong diberikan ukuran `performance base indicator` penilaiannya," kata Eva.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009