Teheran (ANTARA News/AFP) - Seorang jenderal Iran yang hilang di Turki dua tahun lalu dan dikabarkan membelot oleh media ditahan di sebuah penjara di Israel, kata beberapa surat kabar, Senin, mengutip sebuah situs konservatif.

Ali Reza Asgari, seorang deputi menteri pertahanan di bawah pemerintah terdahulu yang dipimpin Presiden reformis Mohammad Khatami, hilang setelah melakukan check-in di sebuah hotel di Turki pada Februari 2007.

"Penyelidikan dua tahun oleh lembaga-lembaga terkait menunjukkan bahwa Ali Reza Asgari ditahan di penjara rejim Zionis (Israel)," kata situs Alef, tanpa menyebutkan sumbernya.

"Asgari diculik oleh agen-agen intelijen Mossad, Jerman dan Inggris dan dibawa ke Israel," kata laporan itu, memperbarui tuduhan pemerintah Iran bahwa mantan jendral itu diculik oleh badan-badan intelijen Barat.

Asgari, pensiunan jenderal yang pernah menjadi komandan pasukan Garda Revolusi, hilang ketika sedang melakukan kunjungan pribadi ke Istanbul dan media mengklaim bahwa ia membelot dengan sukarela.

Pemerintah Israel membantah memiliki hubungan dengan hilangnya Asgari pada saat itu.

Washington Post melaporkan pada Maret 2007 bawha Asgari telah meninggalkan Iran dan secara sukarela bekerja sama dengan badan-badan intelijen Barat dan memberikan informasi mengenai milisi Syiah Lebanon Hizbullah dan keterkaitan Iran dengan kelompok tersebut.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009