Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya menyiapkan 74 motor trail untuk mengatur lalu lintas saat terjadi banjir atau genangan air di jalan raya, kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Kombes Pol Condro Kirono di Balaikota Jakarta, Selasa.

"Kita siapkan 74 motor trail ini karena motor besar biasanya mogok kalau banjir, harus kita dorong," katanya.

Motor-motor trail itu akan dibagi ke seluruh wilayah Jakarta sebagai tenaga bantuan bagi personil Polda yang biasa melakukan pengaturan lalu lintas, selain itu juga sejumlah peralatan seperti sepatu boots.

Selainmotor trail, Polda Metro juga akan mengeluarkan kendaraan Toyota Fortuner kabin ganda untuk membantu mengatur lalu lintas jika terjadi banjir dan dikirim ke lokasi yang berbahaya dan menimbulkan macet, seperti bawah Jembatan Semanggi yang biasa digunakan sebagai tempat berteduh motor dan bisa mengunci jalur lain.

"Mobil-mobil ini akan ke sana, memasang traffic cone, dan melakukan pengaturan yang tidak memberi ijin untuk menutup jalan," papar Condro.

Polda juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI untuk menyedot air di jalan raya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009