Palembang (ANTARA News) - Jembatan Musi III, Palembang diperkirakan akan segera dibangun pada awal tahun 2010 sehingga bisa mengurangi beban jembatan Ampera yang selalu padat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin, menyampaikan hal itu ketika ditanya mengenai pelaksanaan pembangunan jembatan Musi III di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pembangunan jembatan Musi III, Palembang tersebut kemungkinan sudah akan dimulai pada akhir Desember 2009 atau awal Januari 2010 nanti.

Proses untuk pembangunan jembatan Musi III, Palembang tersebut sekarang ini terus berjalan, katanya.

Ia menyatakan, untuk pembangunan jembatan Musi III Palembang tersebut membutuhkan dana yang cukup besar atau sekitar Rp1 triliunan lebih.

Sementara mengenai lokasi pembangunan jembatan Musi III tersebut tidak lagi di Kampung Arab, tetapi digeser di Tata Kota, ujarnya pula.

Setelah jembatan Musi III, maka akan ada lagi jembatan Musi IV, demikian Gubernur Sumsel.

Sebelumnya, untuk pembangunan jembatan Musi III itu ada tiga lokasi yakni di Kampung Arab, di Tata Kota Palembang dan di dekat perusahaan pupuk Sriwijaya.

Sekarang ini masyarakat Palembang untuk menyeberang hanya mengandalkan jembatan Ampera yang usianya telah tua, karena itu jembatan Musi III sudah mendesak dibangun.

Jembatan Ampera yang menjadi kebanggaan masyarakat Palembang itu sekarang ini selalu padat dilalui kendaran baik dari Seberang Ilir maupun dari Seberang Ulu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009