Sejumlah penghargaan diberikan KPAI pada Hari Anak Nasional 2020

Sejumlah penghargaan diberikan KPAI pada Hari Anak Nasional 2020

Ketua KPAI Susanto pada kegiatan penyerahan Anugerah KPAI 2020 di Jakarta, Rabu (22/7/2020). (FOTO ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan KPAI dalam perlindungan anak Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan sejumlah kategori penghargaan kepada kementerian, lembaga, pemerintah provinsi maupun daerah, organisasi kesehatan, lembaga hukum dan guru dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020.

"Kategori pertama yaitu kementerian dan lembaga yang memiliki komitmen dalam penyelenggaraan perlindungan anak," kata Ketua KPAI Susanto pada kegiatan penyerahan Anugerah KPAI 2020 di Jakarta, Rabu.

Kedua, katanya, kategori penghargaan khusus yang diberikan kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemen PPPA) karena dianggap mempunyai sejumlah inovasi termasuk upaya perjuangan melakukan penguatan kelembagaan.

"Ada tambahan mandat baru dari Presiden dan tentu ini kami berikan penghargaan dan apresiasi," katanya.

Beberapa lainnya, yakni penghargaan bagi pemerintah provinsi yang memiliki komitmen penyelenggaraan perlindungan anak, penghargaan untuk kabupaten dan kota, institusi penegak hukum dan kategori komisi perlindungan anak daerah.

Seterusnya kategori pemerintah daerah yang memiliki komitmen pendirian dan juga fasilitas komisi perlindungan anak daerah dan forum anak yang mempunyai kepedulian terhadap COVID-19.

Kategori lainnya, adalah profesi pendidik peduli anak dan terakhir penghargaan bagi anak yang memiliki inspirasi besar dalam situasi COVID-19.

Secara umum, ujar dia, pemberian penghargaan tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan KPAI dalam perlindungan anak Indonesia.

"Hal ini sesuai dengan mandat pasal 76 Undang-Undang 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan penghargaan yang diberikan tersebut merupakan bukti komitmen semua pihak di provinsi itu dalam upaya memberikan perlindungan pada anak.

"Ini adalah kewajiban kami bersama dalam kepedulian kita terhadap masa depan bangsa melalui perhatian pada anak-anak," katanya.

Ke depan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan lebih meningkatkan perhatian dan kepedulian pada anak-anak di daerah itu, demikian Edy Rahmayadi ​​​​​​.

Baca juga: KPAI berikan penghargaan khusus kepada Megawati dan SBY

Baca juga: KPAI beri penghargaan pihak peduli perlindungan anak

Baca juga: KPAI: Adaptasi dan fleksibilitas penting dalam pembelajaran di rumah

Baca juga: KPAI: Sistem peradilan narkoba belum ramah anak

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gugus tugas COVID-19 Sumut maksimalkan mobil PCR di zona merah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar