APERTI BUMN umumkan 40 penerima beasiswa 2020

APERTI BUMN umumkan 40 penerima beasiswa 2020

Pengumuman beasiswa APERTI BUMN 2020 dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu (22/7). (ANTARA/HO- Dok pri)

Jakarta (ANTARA) - Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN) mengumumkan sebanyak 40 nama penerima beasiswa yang lolos seleksi beasiswa APERTI BUMN 2020.

"Seleksi diikuti oleh 65.045 peserta dengan total nilai beasiswa sebesar Rp3,2 miliar," ujar Ketua APERTI BUMN Prof Akhmaloka, dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu.

APERTI BUMN merupakan aliansi perguruan tinggi milik BUMN yang terdiri dari Universitas Pertamina (UP), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Telkom University (Tel-U), Institut Teknologi PLN (IT-PLN), BRI Institute, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), dan IT Telkom Surabaya (ITTS).

Baca juga: LLDIKTI Wilayah X akan berikan beasiswa SPP untuk mahasiswa PTS

Para penerima Beasiswa APERTI BUMN diumumkan melalui sesi seremonial yang dilakukan melalui telekonferensi yang disampaikan oleh delapan pimpinan perguruan tinggi anggota APERTI BUMN, yaitu Akhmaloka (Rektor UP), Adiwijaya (Rektor Tel-U), Herman Sasongko (Rektor UISI), Iwa Garniwa (Rektor IT-PLN), Dana Saroso (Rektor BRI Institute), Rachmawati Wangsaputra (Ketua Stimlog), Agus Purnomo (Direktur Poltekpos), dan Tri Arief Sardjono (Rektor ITTS).

Akhmaloka yang juga Rektor Universitas Pertamina menyampaikan bahwa animo lulus SMA sangat tinggi untuk mengikuti seleksi Beasiswa APERTI BUMN.

"Ada peningkatan cukup signifikan dari pendaftar tahun 2019. Seleksi tahun 2019 diikuti oleh 49.527 peserta, sedangkan seleksi tahun ini diikuti oleh 65.045 peserta dari Sabang sampai Merauke," jelas dia.

Baca juga: 425 mahasiswa putra-putri petani terima beasiswa dari Pemprov Lampung

Akhmaloka menyampaikan proses seleksi dilaksanakan secara daring berdasarkan nilai rapor. Seluruh peserta telah melalui proses seleksi yang ketat.

Sehingga pada tahap akhir, 80 calon penerima beasiswa mengikuti wawancara untuk menggali lebih jauh motivasi dan potensi.

Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan penuh sampai lulus di masing-masing perguruan tinggi anggota APERTI BUMN.

Sebanyak 40 peraih beasiswa APERTI BUMN diumumkan oleh rektor masing-masing perguruan tinggi anggota APERTI BUMN. Setiap perguruan tinggi menerima lima mahasiswa peraih beasiswa di program studi yang beraneka ragam.

Program itu diperuntukkan bagi lulusan SMA berprestasi agar dapat melanjutkan pendidikannya. Beasiswa APERTI BUMN merupakan bentuk kontribusi APERTI BUMN dalam pembangunan nasional khususnya peningkatan kualitas sumber daya manusia.***3***

Baca juga: Bintan alokasikan Rp600 juta untuk beasiswa mahasiswa
Baca juga: Sejumlah sekolah swasta tawarkan beasiswa untuk Arista
Baca juga: Kuota KIP Kuliah 2020 sebanyak 400.000 beasiswa




 

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Malang serahkan Rp3 miliar untuk beasiswa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar