Bintan alokasikan Rp600 juta untuk beasiswa mahasiswa

Bintan alokasikan Rp600 juta untuk beasiswa mahasiswa

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat menyerahkan dana beasiswa bagi mahasiswa di daerah tersebut. (ANTARA/Ogen)

Bintan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau mengalokasikan anggaran sebesar Rp600 juta untuk program beasiswa bagi mahasiswa setempat yang kuliah di berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar daerah.

"Beasiswa diperuntukkan bagi mahasiswa tidak mampu dan berprestasi," kata Plt Kabag Kesra Kabupaten Bintan, Indra Gunawan, Ahad.

Menurut Gunawan, penyaluran mahasiswa dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama di masa pandemi COVID-19 ini, sebanyak 48 orang mahasiswa dari 11 perguruan tinggi sudah menerima bantuan tersebut.

"Masing-masing menerima bantuan beasiswa sebesar Rp2 juta dan diberikan secara tunai," ungkapnya.

Baca juga: ACT beri beasiswa pada siswa SD di Kepulauan Bintan-Kepri

Baca juga: Kuota penerima KIP-K di Jatim 2020 sebanyak 6.891 mahasiswa


Lebih lanjut, ia menyampaikan bantuan tahap berikutnya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2020. Saat ini beberapa proposal yang masuk sedang diverifikasi.

Dia pun mengimbau bagi mahasiswa yang belum dan ingin menerima manfaat program tersebut dapat mengurusnya dengan mudah.

“Cukup buatkan proposal dan ajukan ke kami. Nanti akan diverifikasi baru diproses untuk menerima di tahap berikutnya,” ujarnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi, mengatakan, bahwa bantuan seperti ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk komitmen sekaligus kepedulian Pemkab Bintan dalam bidang pendidikan, meskipun dengan anggaran yang terbatas.

"Program ini tetap jadi prioritas kami, ke depan tidak hanya mengandalkan APBD, tapi juga melibatkan pengusaha melalui dana CSR mereka," tuturnya.

Apri mendorong supaya mahasiswa di daerah itu makin giat menimba ilmu di perguruan tinggi, karena ke depan Bintan membutuhkan SDM yang unggul untuk mengisi pembangunan daerah.

"Adik-adik mahasiswa adalah generasi penerus untuk pembangunan Bintan ke depan. Tugas kami sebagai pemerintah ialah menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya buat putra-putri tempatan," ujarnya.*

Baca juga: Bebas UKT hingga keringanan diberikan bagi mahasiswa UIN Ar-Raniry

Baca juga: Sebanyak 50 mahasiswa UMK berprestasi peroleh beasiswa dari BI

Pewarta: Ogen
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menkeu: Pengabdian alumni LPDP bidang kedokteran masih terkonsentrasi di Jawa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar