Denpasar (ANTARA News) - 38 persen dari total 4,619 juta turis mancanegara yang terbang langsung ke Indonesia selama januari-September 2009, menempatkan Bali sebagai tujuan wisatanya, demikian Pengamat Pariwisata Bali Tjokorda Gde Agung di Denpasar, Sabtu.

"Ini artinya Bali yang dijuluki pulau Kahyangan oleh masyarakat Internasional masih menjadi tujuan kunjungan turis asing terpavorit diantara lokasi wisata yang ada di Nusantara," kata Tjokorda.

Selama 2009, provinsi "Seribu Pura" ini dipastikan akan dikunjungi oleh lebih dari dua juta orang, di mana dalam tiga bulan terakhir ini rata-rata dikunjungi 200 ribu turis asing per bulan.

Dunia pariwisata pulau Dewata akan semakin cerah, mengingat ekonomi sejumlah negara pusat wisatawan yang selama ini dilanda krisis global kini semakin baik, kata praktisi pariwisata Bali ini.

Keamanan dan kenyamanan wisatawan mancanegara yang berlibur di daerah Bali semakin terjamin, disamping itu usaha penerbangan dalam dan luar negeri semakin tertarik untuk terbang ke Bali mengangkut turis.

Turis asal Uni Eropa yang sudah mencabut larangan terbang ke beberapa perusahaan penerbangan Indonesia, termasuk Garuda, dipastikan juga meningkat signifikan.

Bahkan, maskapai Air France Prancis bekerjasama dengan KLM dari Belanda untuk menyelenggarakan penerbangan langsung dari Amsterdam menuju Denpasar via Singapura. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009