Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya meraup pendapatan kotor Rp500 juta lebih dari pemasukan tiket masuk pertandingan Liga Super Indonesia melawan Persipura Jayapura di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Minggu malam.

Data yang diperoleh dari panpel Persebaya, menyebutkan laga dua mantan tim perserikatan itu disaksikan lebih dari 23 ribu penonton dan merupakan rekor penonton terbanyak laga di Stadion Tambaksari musim ini.

Jumlah penonton sebanyak itu hampir memenuhi kapasitas Stadion Tambaksari Surabaya yang mampu menampung sekitar 25 ribu hingga 27 ribu penonton.

Dari sekitar 23 ribu tiket masuk yang terjual, lebih kurang 21.900 tiket berasal kelas ekonomi seharga Rp20 ribu per lembar, diikuti kelas utama seharga Rp50 ribu terjual 1.300-an lembar dan hampir 150 lembar tiket VIP yang dijual Rp100 ribu.

Angka pemasukan yang cukup fantastis tersebut jauh lebih besar dibanding saat Persebaya menjamu Persib Bandung pada turnamen pemanasan Liga Jatim 2009, meskipun jumlah penonton hampir sama.

"Membludaknya jumlah penonton tidak lepas dari hasil laga sebelumnya melawan Persiwa Wamena. Apalagi Persipura yang menjadi lawan Persebaya kali ini adalah juara bertahan," kata Wakil Ketua Panpel, Syamsudin.

Kendati Persebaya akhirnya harus menyerah 0-1 dari Persipura, ribuan penonton tidak sampai melakukan keonaran saat meninggalkan stadion.

Namun, ribuan aparat kepolisian tampak berjaga-jaga di dalam dan luar stadion untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Teman-teman bonek (julukan suporter Persebaya) seperti sudah menyadari kekalahan itu, karena Persebaya main tanpa enam pemain pilarnya," tambah Humas panpel, Supangat.

Pemain Persebaya yang absen pada laga tersebut, adalah penyerang Ngon A. Djam dan Korinus Finkrew, bek sayap Anang Ma`ruf dan Mat Halil, kemudian Jayusman Triasdi dan Lucky Wahyu.

Ngon A. Djam dan Anang Ma`ruf masih cedera, Korinus Finkrew terkena akumulasi kartu kuning, Mat Halil sedang menunaikan ibadah haji, dan Lucky Wahyu serta Jayusman mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23.

Penjualan tiket masuk penonton merupakan salah satu sumber pemasukan dana Persebaya untuk membiayai operasional tim mengikuti kompetisi musim ini. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009