New York (ANTARA News ) - Sebagian masyarakat Muslim di Amerika Serikat, termasuk umat Islam dari Indonesia, merayakan Idul Adha 1430 H bersamaan dengan "Black Friday", yaitu hari saat masyarakat setempat setiap tahunnya berbodong-bondong menyerbu pusat-pusat perbelanjaan.

Di New York, perayaan Idul Adha antara lain dilakukan masyarakat muslim Indonesia dengan mengikuti shalat Id di Masjid Al Hikmah di kawasan Astoria, Queens.

Al Hikmah adalah satu-satunya masjid di New York yang dikelola oleh komunitas Indonesia.

Shalat Id tersebut diikuti oleh ratusan umat Islam Indonesia, termasuk Konsul Jenderal RI di New York Trie Edi Mulyani dan Deputi Wakil Tetap RI untuk PBB Dubes Hasan Kleib.

Shalat juga diikuti oleh sejumlah umat Muslim dari negara lain, seperti Bangladesh, India, Pakistan dan Timur Tengah.

Di saat sebagian umat Muslim melakukan shalat Id pada Jumat pagi, pusat-pusat perbelanjaan di New York tengah dipadati oleh para calon pembeli.

Mereka adalah pemburu berbagai macam barang yang khusus pada "Black Friday" dijual dengan `harga banting`.

Hampir semua toko di pusat-pusat berbelanjaan memberikan potongan harga (diskon) terhadap barang-barang yang mereka jual.

Di Queens Mall, misalnya, pada Jumat pagi menjelang siang antrean panjang hingga bermeter-meter terlihat di bagian menuju kasir maupun `fitting room` (tempat untuk melakukan pengepasan baju).

Tidak hanya 10, 20, 50 prosen, diskon yang diberikan bahkan bisa mencapai 70 prosen dari harga jual hari-hari biasa untuk pakaian, sepatu, hingga barang-barang elektronik.

Para calon pembeli juga bisa mendapatkan barang-barang dengan tawaran "beli satu, gratis satu".

Potongan harga relatif tinggi biasanya hanya berlangsung hingga pukul 13.00. Setelah itu, persentase diskon menurun dan keesokan harinya harga sudah kembali ke posisi normal.

Pada Kamis (26/11), kantor-kantor pemerintahan setempat tutup karena Hari Thanksgiving sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bermarkas besar di New York, pada Kamis juga libur dari kegiatan-kegiatan persidangan dalam rangka menghormati jatuhnya Hari Thanksgiving dan Idul Adha. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009