Jayapura (ANTARA News) - Puluhan warga yang tergabung dalam West Papua National Authority (WPNA), memperingati 1 Desember yang mereka anggap sebagai hari kemerdekaan Papua, di daerah Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Selasa.

Wartawan ANTARA dari Jayapura melaporkan, massa sejak pagi telah berkumpul di sekitar terminal Expo, berencana menuju pusat kota Jayapura untuk melakukan aksi damai.

Sementara sebagian massa lainnya tampak membagikan selebaran yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk ambil bagian dalam demo damai merayakan 1 Desember.

Aparat kepolisian yang datang ke lokasi dipimpin Kapolsek Abepura AKP Yafet Karafir, meminta massa membubarkan diri, namun mereka bersikeras menuju Lingkaran Abepura untuk bergabung dengan massa lainnya menuju Taman Imbi, pusat Kota Jayapura.

"Ini wilayah kekuasaan saya. Jadi lebih baik pulang dan kembali ke rumah. Ingat, kalian masih mahasiswa, orang tua datang kasih uang untuk kuliah bukan berdemo," tegas AKP Yafet Karafir di depan massa.

Salah seorang pendemo menegaskan bahwa mereka akan tetap merayakan hari kemerdekaan orang Papua dan merupakan hari yang sakral.

Saat akan bergerak, aparat langsung bertindak tegas dan menangkap tujuh orang yang dianggap sebagai koordinator aksi dan memaksa massa membubarkan diri.

Ketujuh orang yang ditangkap itu dibawa ke Markas Polresta Jayapura. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009