Dubai (ANTARA News/Reuters) - Pemerintah Dubai, Senin, mengatakan bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas utang Dubai World, ditengah merebaknya asumsi kreditur bahwa Uni Emirat Arab akan menjamin kewajiban konglomerat.

"Kreditur harus mengambil bagian dari tanggung jawab atas keputusan mereka untuk meminjamkan perusahaan," kata Abdulrahman al-Saleh, Direktur Jenderal Departemen Keuangan Dubai.

"Mereka pikir Dubai World adalah bagian dari pemerintah, yang ini tidak benar."

Dalam pernyataan pertama sejak krisis dimulai, Dubai World, pemerintah yang menguasai holding perusahaan di jantung badai mengatakan restrukturisasi akan melibatkan utang senilai 26 miliar dolar AS dan sebagian besar mempengaruhi perusahaan propertinya, Nakheel dan tak terbatas.

Perusahaan lain, seperti DP Dunia, Zona Bebas Jebel Ali, dan Istithmar World tidak akan disertakan dalam restrukturisasi karena mereka secara finansial stabil, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan melalui e-mail pada hari Senin malam.

Angka yang sebelumnya belum pernah dirilis sebesar 26 miliar dolar mungkin dapat membantu pasar bergulat dengan krisis menyusul perkiraan bahwa restrukturisasi dapat berdampak senilai 59 miliar dolar atau lebih terhadap kewajiban.

Saham Uni Emirat Arab, Senin, merosot karena investor menunggu kejelasan tentang permintaan penundaan Dubai hingga Mei 2010 untuk membayar kembali utang miliaran dolar yang diterbitkan oleh Dubai world dan unit sahanya Nakheel, pengembang tiga khas pulau berbentuk palem di Emirat.

Saham Eropa turun karena para investor khawatir tentang krisis keuangan tak terbatas, dengan FTSEurofirst 300 turun 1,4 persen.

Namun dolar AS turun terhadap euro setelah United Arab Emirates menjanjikan likuiditas, meredakan kekhawatiran tentang standar.

Komentar Saleh dalam sebuah wawancara ke Dubai TV, sebuah stasiun dimiliki oleh penguasa Dubai, UAE, muncul setelah pasar ditutup.

"Mereka telah menegaskan akan ada restrukturisasi dan melakukan apa yang mereka bisa untuk membedakan antara pemerintah dan perusahaan," kata Mohieddine Kronfol, direktur pengelola Aljabar Capital.

"Tidak jauh dari kenyataan bahwa Anda memiliki potensi besar meski itu menguraikan kekusutan. Masyarakat berharap tidak akan bertemu dengan pengumuman ini."

UEA bank sentral menjanjikan dukungan keuangan, membantu untuk menenangkan pasar global.

Bank sentral menjanjikan likuiditas tambahan untuk bank lokal dan seorang pejabat di tetangga pengekspor minyak Dubai, Abu Dhabi, mengatakan pada hari Minggu akan menawarkan dukungan selektif ke perusahaan di Dubai.

Tanpa mengacu langsung kepada masalah utang Dubai World, gubernur bank sentral UEA, Senin, mengatakan di sana ada penyebab kekhawatiran tentang bank-bank lokal, yang katanya telah membuktikan diri mampu menangkal krisis global.

"Aku punya saran untuk investor asing. Mereka harus mempelajari peluang investasi yang tersedia dan melakukan studi kelayakan yang realistik untuk memastikan mereka peluang tanpa resiko," menurut kantor berita negara, WAM, mengutip Sultan Nasser al-Suweidi.

Michael Ganske, kepala riset pasar yang baru muncul di Commerzbank di London, mengatakan kegagalan, yang pada akhirnya dapat menguntungkan daerah, "menjadi lebih mungkin".

"Pada akhir hari, itu harus positif untuk Dubai, risiko tak terbatas Dubai harus turun," katanya.

Dubai World - yang memiliki kewajiban per Agustus 59 miliar dolar - mengejutkan investor pekan lalu dengan berita tentang permintaan penghentian sementara restrukturisasi, bersama dengan pengembang propertinya Nakheel. Kesepakatan itu akan mempengaruhi utang sekitar 5,7 miliar dolar karena sudah waktunya membayar sebelum akhir Mei.

Nakheel pada Senin sebelumnya meminta tiga obnligasi Islam, senilai total 5.25 miliar dolar, yang akan menangguhkan Nasdaq Dubai sampai berada di posisi untuk "sepenuhnya memberitahu pasar."

Berdiri Sendiri

Saleh, Senin, menjelaskan bahwa saat pemerintah memiliki Dubai World, para konglomerat sudah lama mengoperasikannya sebagai entitas yang berdiri sendiri dan tidak pernah dijamin pemerintah Emirat.

"Ini berhubungan dengan semua pihak atas dasar ini dan pinjaman itu didasarkan pada ... proyek-proyek dan bukan jaminan pemerintah," kata Saleh.

Saat dihubungi Reuters dan ditanya apakah Dubai bisa masih membayar obligasi Nakheel, Saleh menolak memberikan komentar.

Kepala panitia anggaran Dubai mengatakan utang pemerintah sendiri mencapai 10 miliar dolar. "Utang pemerintah Dubai telah dinyatakan. Utang itu hanya 10 miliar. Hausnya tidak ada kebingungan antara (pemerintah) dan setiap perusahaan," kata Dhahi Khalfan Tamim, kepala polisi Dubai, kepada televisi Al Arabiya.

Pimpinan Dubai World, Sultan Ahmed Bin Sulayem, Senin, juga menolak untuk komentar. Pejabat Dubai World lainnya tidak bisa segera dihubungi.

John Sfakianakis, kepala ekonom di Banque Saudi Fransi-Credit Agricole Group, mengatakan, perbedaan antara Dubai pemerintah dan perusahaan unggulan tampak minim.

"Peran apakah yang berdaulat bermain? Ini terus menciptakan ketidakpastian," katanya dari Riyadh. "motivasi mereka adalah untuk membuat perbedaan antara keduanya, tetapi perbedaan ...adalah samar-samar."

Saleh mengatakan ia percaya reaksi pasar berakhir, Rabu, usai pengumuman dari Dubai World, yang awalnya mengguncangkan keyakinan keuangan global, adalah berlebihan.

"Restrukturisasi adalah keputusan yang bijaksana yang menjadi kepentingan semua pihak dalam jangka panjang, tapi mungkin mengganggu kreditur dalam jangka pendek," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009