Jakarta (ANTARA) - Barista Mikael Jasin berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) memperkenalkan biji kopi Indonesia di kancah internasional melalui "Coffee Cupping Session" pada World Expo 2020 Dubai.

"Memperkenalkan bisnis kopi UMKM dalam rangkaian World Expo 2020 Dubai bisa menjadi peluang besar untuk kemajuan industri kopi tanah air. Saya berharap kesempatan ini dapat membawa kesejahteraan baik bagi petani maupun pelaku industri kopi di Indonesia,” kata barista yang akrab disapa Miki melalui keterangan resmi, Senin.

Melalui pameran internasional tersebut, Mikael akan melakukan cupping atau menganalisis karakteristik biji kopi dari Semendo, Wanoja, Gayo Ulunowih, Toraja, Bali, Lintong, dan NTB untuk diperkenalkan kepada pengunjung. Biji kopi tersebut dipilih karena berasal dari kebun kopi binaan Bank Indonesia.

Baca juga: Industri kopi terintegrasi di Gunung Betung Bandar Lampung

Selain menunjukkan profil cita rasa dari biji kopi pilihan, Mikael turut unjuk potensi bahwa kopi Indonesia layak bersaing secara global.

Menurut Mikael, kopi dari Indonesia memiliki keunikan dan cita rasa yang beragam. Selain itu, kemampuan dan pengetahuan petani juga meningkat seiring dengan edukasi mengenai cara-cara memproduksi kopi.

Mikael sendiri merupakan pendiri So So Good (SSG) Coffee Company. Ia tidak hanya fokus memperkenalkan Indonesia sebagai pemasok biji kopi dunia, melainkan juga terus memperhatikan bisnis yang berkelanjutan berdasarkan tiga pilar, yakni people, profit, dan planet.

Untuk memperhatikan kesejahteraan petani, Mikael telah menerapkan sistem pembelian yang transparan hingga sistem down payment yang dapat membantu keberlangsungan modal petani dalam bekerja.

"Saya yakin industri kopi Indonesia dapat bersaing secara global," tutur laki-laki yang menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang World Barista Championship 2021 itu.

Kolaborasi Mikael Jasin dengan Bank Indonesia (BI) dalam World Expo Dubai bertujuan mendukung tema Pavilion Indonesia “Transforming Future Civilization, through Innovation and Diversity”.

Rangkaian acara ini diharapkan dapat menarik perhatian dan mempromosikan kopi dari Indonesia sebagai salah satu sumber daya alam yang potensial bagi investor global hingga penikmat kopi.

Baca juga: Mengangkat kembali kejayaan Kopi Sidikalang

Baca juga: Oleh-oleh melancong ke Dusun Sasak Sade

Baca juga: Lima keterampilan yang harus dimiliki seorang barista profesional

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022