Johannesburg, (ANTARA News) - Franz Beckenbauer tidak menyukai gaya Brazil di bawah asuhan pelatih Dunga, demikian diungkapkan tokoh kondang sepak bola Jerman itu, Selasa.

Brazil yang lima kali juara merupakan salah satu tim favorit pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, setelah menerapkan permainan efisien dan keras pada babak penyisihan dan tidak menarik ditonton, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Beckenbauer, satu-satunya yang memenangi Piala Dunia baik sebagai pelatih (1990) dan pemain (1974), tentu saja sedang tidak becanda.

"Bila kita berbicara tentang Brazil, maka dalam pikiran saya mereka adalah tim (yang memenangi Piala Dunia ) mulai 1970," katanya kepada delegasi peserta pertemuan konvensi bisnis Soccerex.

"Carlos Alberto, Pele, seperti Anda tahu (selalu bermain) menyerang. Tapi dalam tim sekarang, mereka hanya punya satu striker Kaka dan di bawahnya Robinho."

"Ia hanya dapat bermain seperti di sirkus tetapi ia bukan pemain dalam tim. Saya tidak tahu bahwa ini tim Brazil. Saya tidak suka dengan gaya bermain tim itu," tambah Beckenbauer.

Dunga, kapten tim Brazil yang memenangi Piala Dunia 1994, dipilih sebagai pelatih setelah babak final 2006 kendati ia nyaris tidak memiliki pengalaman melatih dalam level atas.

Salah satu tugasnya adalah menerapkan permainan disiplin dan kebanggan pada para pemainnya tetapi banyak orang yang tidak menyukai gaya menyerang balik tim itu di bawah asuhannya.

"Pelatih marah pada saya karena saya mengatakan hal ini secara terbuka tetapi maaf, bagi saya, Brazil adalah (mengenai) menyerang, mencetak gol, bukan mengontrol bola," kata Beckenbauer.

"Bagi saya, Spanyol merupakan tim terbaik dan mungkin terbaik di dunia saat ini," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009