Paris, (ANTARA News) - Presiden Prancis Nicolas Sarkozy menyebut strategi baru militer Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Afghanistan berani dan menyeru masyarakat internasional untuk mendukungnya.

Sarkozy mengatakan, dia `memberikan dukungan sepenuhnya` kepada strategi Obama itu dan mengimbau `kepada semua negara yang ingin membantu rakyat Afghanistan mendukungnya,` dalam pernyataan yang disiarkan oleh kantornya, sebagaimana dikutip dari AFP.

Obama Senin mengumumkan dia akan mengirim 30.000 tentara tambahan ke Afghanistan untuk memerangi pemberontakan garis keras Taliban, namun juga minta pemerintah Afghanistan berusaha lebih banyak untuk mengerahkan polisi dan tentaranya, selain dalam memberantas korupsi.

"Itu adalah keputusan yang berani, yang memberikan momentum baru bagi masyarakat internasional dan membuka prospek baru," katanya.

Namun demikian, dia mengatakan Prancis masih akan menunggu satu konferensi internasional di Afghanistan Januari depan, yang akan meninjau kembali apakah pihaknya akan meningkatkan dukungannya dari hampir 4.000 tentara, polisi dan petugas bantuan sipil yang ada di Afghanistan pada saat ini.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009