Palangka Raya, (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, pelaksanaan program 100 hari bisa berhasil bila mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk para gubernur yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah.

"Agenda kita 2009, program 100 hari sudah ditetapkan ada 65 program, 15 di antaranya program prioritas. Dari 45 program ada yang berkaitan dengan ekonomi, hukum dan keamanan, perlu sinergi antara sektoral dan regional," kata Presiden saat membuka rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Palangka Raya, Kamis.

Kelima belas program prioritas tersebut, menurut Yudhoyono, adalah pemberantasan mafia hukum, revitalisasi industri pertahanan, pencegahan terorisme, percepatan pembangunan kelistrikan, ketahanan pangan dan revitalisasi industri pupuk dan gula.

Program prioritas lainnya adalah pematangan konsep tata ruang serta pemanfaatan lahan, pembangunan infrastruktur, mendorong UKM dan usaha mikro, upaya peningkatan investasi dan finansial, penanganan perubahan iklim, reformasi kesehatan, sinkronisasi pendidikan dan lapangan kerja, kesiapsiagaan penanggulangan bencana dan sinergi antara pusat dan daerah di bidang pemerintahan, investasi serta pencapaian sasaran pembangunan.

Rakernas APPSI berlangsung sejak 2 Desember hingga 4 Desember di Palangka Raya.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009