Jakarta (ANTARA News) - Para pebulutangkis Indonesia bertumbangan di putaran kedua penyisihan grup turnamen Super Series Masters Finals (Final Super Series) 2009, Kamis.

Dalam pertandingan yang digelar di Johor Baru City Council Indoor Stadium, Malaysia, Kamis petang, pasangan Rian Sukmawan/Yonatan Suryatama kalah dari pasangan tuan rumah Koo Kien Keat/Tan Boon Heong 15-21, 14-21 dalam putaran kedua Grup A.

Pasangan Indonesia yang memimpin pada awal pertandingan itu terkejar di pertengahan "game" pertama sebelum kehilangan "game" tersebut.

Begitu pula pada "game" kedua, mereka mampu mengimbangi permainan pasangan nomor satu dunia itu hingga 13-13 sebelum tertinggal dan kalah.

"Kami kurang berani bermain di depan tadi," kata Rian usai pertandingan.

Ia juga mengaku sering kehilangan konsentrasi di tengah-tengah permainan ikut andil dalam kekalahan tersebut.

Kekalahan itu membuat peluang Rian/Yonatan untuk maju ke semi-final turnamen tutup tahun berhadiah total 500.000 dolar AS tersebut sangat kecil setelah mengalami dua kakalahan.

"Peluang masih ada tapi kecil. Besok harus menang dua `game` (lawan Mohd Zakry Abdul Latif/Mohd Fairuzizuan Mohd Tazari) sedangkan Koo/Tan harus kalah dua `game` (lawan Xu Chen/Guo Zhendong) kalau ingin maju," katanya.

Sehari sebelumnya, pasangan finalis Jepang Terbuka yang menempati urutan 16 dunia itu kalah dari ganda China Xu Chen/Guo Zhendong dengan skor ketat 24-26, 20-22.

Sedangkan bagi Koo/Tan, keberhasilan atas Rian/Yonatan itu membuat peluang mereka ke semi-final lebih besar setelah sebelumnya mereka kalah dari sesama ganda Malaysia Zakry/Fairuzizuan 15-21, 14-21.

Pasangan Zakry/Fairuzizuan pun baru meraih satu kemenangan setelah tumbang di tangan Xu Chen/Guo Zhendong 18-21, 17-21. Dengan demikian hanya pasangan China itu yang sudah memastikan maju ke empat besar dengan dua kemenangan.

Adapun pasangan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan yang pada laga pertama, Rabu, kalah dari pasangan Denmark Carsten Mogensen/Mathias Boe 16-21, 18-21, mengalami kekalahan kedua setelah tumbang saat melawan Jung Jae Sung/Lee Yong Dae dari Korea 19-21, 19-21 dalam Grup B.

Ganda campuran Hendra Aprida Gunawan/Vita Marissa yang sudah mengumpulkan satu kemenangan, kalah pada pertandingan kedua mereka dari pasangan India Diju V/Jwala Gutta 18-21, 17-21.

Mereka akan menghadapi Anthony Clark/Donna Kellogg dari Inggris, Jumat, yang sudah mengumpulkan dua kemenangan, sedangkan pasangan India tersebut akan bertarung melawan Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul dari Thailand yang sudah kalah duakali.

Sementara itu, langkah tunggal putra Taufik Hidayat dalam turnamen tersebut terhenti setelah kalah dari peringkat satu dunia Lee Chong Wei 6-21, 13-21 sehingga membuatnya mengalami dua kekalahan setelah sehari sebelumnya menyerah kepada pemain China Bao Chunlai 18-21, 24-26.

Kemenangan atas Taufik memastikan Chong Wei yang sebelumnya menang atas Hsieh Yu Hsin dari Taiwan 21-11, 21-12 maju ke semi-final dari Grup A bersama Bao Chunlai yang menang atas Hsieh 17-21, 21-8, 21-16 karena keduanya telah mengumpulkan dua kemenangan.

Pertemuan Chong Wei dengan Bao Chunlai, Jumat, akan menentukan siapa yang menjadi juara grup.
(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009