Pulau Robben, Afsel (ANTARA News/Reuters) - Pemenang final Piala Dunia tahun depan di Afrika Selatan akan mengantongi hadiah uang 30 juta dolar AS, demikian kata FIFA pada Kamis setelah pertemuan komite eksekutif di kepulauan Robben.

Sedangkan runner-up akan menerima 24 juta dolar AS dan seluruh tim yang ikut pada Piala Dunia tersebut akan menerima 1 juta dolar AS untuk mengganti biaya persiapan mereka.

Sekjen FIFA Jerome VAlcke mengatakan total hadiah uang untuk seluruh peserta putaranfinal Piala Dunia akan mencapai 420 juta dolar AS, dan ini meningkat 61 persen dibanding yang disediakan pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Begitu juga Valcke mengatakan bahwa FIFA akan memberi 40 juta dolar AS untuk klub-klub yang pemainnya ikut serta dalam turnamen tersebut.

"Setiap klub yang punya pemain di Piala Dunia akan menerima 1600 dolar per hari," kata Valcke.

"Uang tersebut akan diserahkan 15 hari sebelum dimulainya turnamen dan satu hari setelah para pemain mengakhiri keikutsertaannya dalam Piala Dunia," katanya.

FIFA juga memutuskan untuk menjaga peraturan yang telah ada untuk Olimpiade London 2012 yang berarti bahwa tim-tim yang lolos bisa menggunakan pemain U-23.

Pulau Robben merupakan pulau penjara dimana Nelson Mandela dan napi politik lainnya menjalani hukumannya selama era apartheid.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009