Jakarta (ANTARA News) - Indonesia menargetkan untuk meraih peringkat ketiga pada SEA Games XXV yang akan diselenggarakan di Laos, pada 8-18 Desember 2009.

Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dalam acara pelepasan Kontingen Indonesia oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di halaman tengah Istana Negara, Jakarta, Jumat, mengatakan, untuk meraih target itu seluruh atlit telah berlatih dan menyiapkan diri secara maksimal.

"Semua atlit telah mempersiapkan diri dan semuanya berangkat dalam keadaan siap," ujarnya.

Pada SEA Games XXIII di Philipina pada 2005, Indonesia menduduki peringkat ke-5, sedangkan pada SEA Games XXIV di Thailand pada 2007, Indonesia naik ke peringkat ke-4.

Andi mengatakan, untuk memompa semangat para atlit, Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menyiapkan bonus uang untuk mereka yang meraih medali. Pemerintah menganggarkan bonus total senilai Rp20 miliar, dengan bonus Rp200 juta untuk setiap medali emas.

Sementara itu, Presiden Yudhoyono dalam sambutannya menyampaikan penilaiannya bahwa revitalisasi bidang olah raga yang dimulai sejak 2004 telah menampakkan hasil.

Penilaian itu berdasarkan peringkat Indonesia yang makin membaik dalam pesta olah raga tahunan negara-negara Asia Tenggara yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

"Tapi semuanya ini belum cukup, kita sepakat bergerak lagi ke atas untuk betul-betul berada di papan atas," ujarnya.

Kontingen Indonesia berjumlah 515 atlet, terdiri atas 209 atlet putra, 136 atlet putri, 99 pelatih, 28 Manajer dan 43 staf kontingen. Para Atlet Indonesia tersebut akan berlaga di 22 cabang olahraga dari 25 cabang yang dipertandingkan dalam SEA Games XXV Laos yang akan memperebutkan 379 medali. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009