Cape Town,(ANTARA News) - Demam Piala Dunia akan menggema dari Afrika untuk pertama kalinya, ketika undian pembagian grup digelar di Cape Town, Jumat.

Piala Dunia pertama kalinya digelar sejak 80 tahun lalu di Uruguay dan ketika itu hanya diikuti 13 negara dan ketika itu tidak satu pun wakil dari benua Afrika, sebagaimana dikutip dari AFP.

Untuk pertama kalinya, Afrika Selatan menjadi wakil pertama dari Benua Hitam itu yang akan menggelar pesta sepak bola yang diikuti oleh 32 negara.

Mengomentari pentingnya moment undian, Presiden FIFA Sepp Blatter berujar: "Ini adalah event yang sangat penting untuk sepak bola dan Afrika ketika undian akan dilakukan di Cape Town. Benua Afrika kali ini akan diwakili oleh enam tim."

"Kami berharap agar rekor jumlah penonton dunia terpecahkan dan para penonton tersebut saya kira akan terpaku pada layar televisi mereka selama berlangsungnya Piala Dunia," katanya.

Acara pengambilan undian itu sendiri telah dirancang secara khusus dengan persiapan selama satu tahun. Diantara mereka yang akan memeriahkan acara adalah pemenang Grammy Soweto Gospel Choir, penyanyi asal Benin Angelique Kidjo dan musisi solo terkenal Afrika Selatan, Johnny Clegg.

Pada acara puncak, akan ditampilkan 80 artis, termasuk kelompok musik Africa Umoja.

Dentaman alat musik khas Afrika dipastikan akan memenuhi ruangan selama berlangsungnya acara untuk menandai klimaks ketika 32 tim sudah mengetahui lawan-lawan mereka untuk pertandingan penyisihan grup.

Pembawa acara yang mendapat kehormatan untuk mendampingi Sekjen FIFA Jerome Valcke saat melakukan undian di Cape Town International Conventino Center adalah Charlize Theron, pemenang Academy Award dari Afrika Selatan.

Mereka berdua di atas pentas akan dikelilingi oleh selebritas olah raga, termasuk bintang sepak bola David Beckham yang sangat populer di Afsel, juara maraton Haile Gebrselassie, Makhaya Ntini, pemain kulit hitam pertama dalam tim kriket Afsel, serta John Smit, kapten tim juara dunia rugbi Afsel.

Diantara tamu kehormatan, terdapat Presiden Afsel Jacob Zuma, pemenang hadiah Nobel perdamaian Frederik W. de Klerk dan uskup Desmond Tutu, serta mantan pemain sepak bola Franz Beckenbauer, Michel Platini, Eusebio dan Roger Milla.

Sementara mantan Presiden Nelson Mandela, tokoh penting dibalik sukses Afrika Selatan memenangi hak tuan rumah Piala Dunia 2010 tujuh tahun lalu, akan memberikan sambutan melalui rekaman video.

Sebanyak 32 pelatih yang telah sukses mengantar tim mereka ke putaran final dipastikan akan berdebar-debar untuk mengetahui hasil undian tersebut.

Dalam undian tersebut, 32 tim dibagi dalam empat pot yang masing-masing berisi delapan tim untuk kemudian diundi untuk menentukan lawan-lawan mereka pada babak penyisihan grup.

Pot pertama berisi delapan tim unggulan, yaitu tuan rumah Afrika Selatan, juara bertahan Italia, juara lima kali Brazil, mantan juara Argentina, Jerman dan Inggris, serta dua negara yang belum pernah merasa gelar juara, yaitu Spanyol dan Belanda.

Pot kedua diisi empat wakil dari Asia, tiga dari zona Concacaf, serta tim lemah Selandia Baru yang mewakili Oceania.

Pot ketiga terdiri atas lima tim Afrika lainnya, tiga dari Amerika Selatan, serta satu wakil dari Eropa.

Sementara juara dunia 1998 Perancis, serta semifinal Piala Dunia 2006 Portugal secara tidak terduga menghuni pot empat bersama enam tim lain yang tidak diunggulkan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009