Bantaeng, Sulsel (ANTARA News) - Sebanyak 20 orang guru berprestasi tingkat Kabupaten Bantaeng mendapat penghargaan dari Pemerintah Daerah (Pemda), Jumat.

Selain prestasi para guru tersebut juga memperoleh penghargaan atas jasa dan pengabdian yang sudah dipersembahkan selama ini. Diantara ke-20 orang guru berprestasi tersebut terdapat dua orang berprestasi nasional.

Kedua peraih prestasi nasional pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Guru Nasional di Jakarta, November 2009 tersebut masing-masing Alfian dan Mery Patanggu (guru SMK Negeri III Bantaeng).

Keduanya berhasil mengangkat nama Sulsel dalam Porseni tersebut dengan meraih peringkat III nasional setelah tim putra mengalahkan tim bola voli Riau dan tim putri mengalahkan tim bola voli Jambi.

Pemberian penghargaan kepada para pahlawan pendidikan itu diserahkan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah pada upacara peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-64 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Bantaeng.

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan Wakil Bupati Bantaeng HA Asli Mustadjab, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Lies F Nurdin, unsur Muspida, Ketua PGRI Bantaeng Drs Sabang dan sejumlah petinggi lainnya.

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang berbagai lomba yang dilaksanakan menyambut peringatan HUT PGRI di Kabupaten Bantaeng. Kelompok bola voli putra juara I dimenangkan PGRI Cabang Pa?jukukang, disusul PGRI Cabang Tompobulu dan Cabang Bantaeng masing-masing sebagai pemenang kedua dan ketiga.

Sedang di bagian putri, juara pertama direbut PGRI Cabang Bantaeng, juara II PGRI Cabang Pa?jukukang dan juara III direbut PGRI Tompobulu. Pada cabang sepak takraw, juara I PGRI Cabang Bissappu, disusul Cabang Bantaeng dan Uluere masing-masing sebagai juara II dan III.

Pada cabang gerak jalan tepat waktu putra, juara I direbut Gugus SDN 45 Tompobulu, juara II SMP 2 Bissappu, juara III SDN 40 Lumpangan sedang harapan I, II dan III masing-masing direbut SMP Negeri 2 Tompobulu, Gugus SDI Ujung Katinting dan SMP 4 Bissappu.

Di bagian putri juara I direbut SD Inpres Onto, juara II Gugus SDI Ujung Katinting, dan juara III direbut SDN 9 Lembang. Juara harapan I diraih SMP Negeri 4 Tompobulu, harapan II SD 52 Korong Batu dan juara harapan III SD Inpres Perumputan.

Untuk jenis lomba paduan suara, juara I diraih PGRI Cabang Bissappu disusul Cabang Bantaeng dan Cabang Ere Merasa masing-masing di posisi kedua dan ketiga.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah berharap, para guru di wilayah kerjanya dapat meningkatkan profesionalismenya dalam mendidik agar dapat melahirkan prestasi dan indeks pendidikan yang baik di kabupaten berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar ini.

Indeks pendidikan tersebut harus bisa ditingkakan dari waktu ke waktu seiring dengan perhatian yang semakin besar terhadap dunia pendidikan nasional. Pemerintah konsisten memberikan perhatian terhadap dunia pendidikan dengan meningkatkan anggaran pendidikan sebesar 20 persen.

Karena itu, lanjutnya, peningkatan tersebut diharapkan sebanding dengan peningkatan kualitas.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009