Cape Town (ANTARA News/AFP) - Undian Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Cape Town, Sabtu dinihari WIB, menempatkan Australia dan Korea Utara yang mewakili benua Asia, berada di grup berat karena harus berhadapan dengan lawan tangguh.

Australia harus berhadapan dengan juara tiga kali Jerman, sementara Korea Utara menantang favorit juara Brazil.

Benua Asia diwakili oleh empat negara di putaran final Piala Dunia 2010 yang akan berlangsung pada 11 Juni sampai 11 Juli itu. Dua negara lainnya adalah Jepang dan Korea Selatan.

Jepang berada satu grup dengan Belanda, Kamerun dan Denmark, sementara Korea Selatan berada satu grup dengan Argentina, Nigeria dan Yunani.

Australia merupakan tim yang paling menonjol di Asia berkat kesuksesan lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2006 Jerman saat ditangani pelatih Guus Hiddink.

Langkah Australia yang sebelumnya masuk Zona Oceania itu akhirnya dihentikan oleh Italia yang kemudian tampil sebagai juara.

Selain satu grup dengan Jerman, Australia yang sekarang diasuh pelatih Pim Verbeek itu juga akan bersaing dengan Ghana dan Serbia.

Sementara Korea Utara, tim yang terakhir tampil di Piala Dunia 1966, tidak hanya harus bersaing dengan raksasa Brazil, tapi juga Pantai Gading yang diperkuat Didier Drogba dan Portugal yang mengandalkan Cristiano Ronaldo.

Korea Utara yang ditangani pelatih Kim Jong Hun diharapkan bisa membuat kejutan besar di Afrika Selatan melalui permainan disiplin dan kerja keras.

Bagaimana pun penampilan Korea Utara nantinya, tim tersebut akan tetap mendapat perhatian istimewa karena negara komunis tersebut sampai saat ini sangat tertutup bagi dunia luar.

Selandia Baru, wakil dari Zona Oceania, yang dikhawatirkan menjadi tim paling lemah, harus bersaing dengan juara bertahan Italia, Paraguay dan Slowakia.

Terakhir kali Brazil tampil di Piala Dunia 1982 dan sempat menahan imbang Brazil sebelum dikalahkan Uni Soviet dan Skotlandia.

Australia yang saat ini memiliki peringkat 21 dunia, akan mengawali perjuangan di Durban menghadapi Jerman pada 13 Juni, sementara Korea Utara langsung bertemu langganan Piala Dunia Brazil pada pertandingan perdana di Johannesburg pada 15 Juni.

Jepang, yang tidak pernah melewati babak 16 besar, mengawali pertandingan di Bloemfontein menghadapi Kamerun pada 14 Juni.

Korea Selatan, tim yang paling berpengalaman di Asia dan tampil untuk ketujuk kalinya secara beruntun di Piala Dunia, mengawali perjuangan di Port Elizabeth menghadapi Yunani pada 12 Juni.

Tim Serba Putih (All White) Selandia Baru akan berhadapan dengan Slowakia di Rustenburg pada 15 Juni.

Undian Piala Dunia yang ditunggu-tunggu ratusan juta penggemar sepak bola di seluruh dunia tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden FIFA Sepp Blatter dan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.

Acara yang berlangsung di Cape Town Convention Center itu juga dihadiri oleh beberapa mantan pemain legendaris.

Sekjen FIFA Jerome Valcke yang didampingi oleh Charlize Theron, aktris pemegang Piala Oscar, memandu undian yang diperkirakan disaksikan langsung sekitar 250 juta penonton di seluruh dunia.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009