Jakarta, 5/12 (ANTARA) - Mutumanikam Nusantara bekerjasama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) kembali akan menggelar pameran perhiasan Indonesia di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) pada 10-13 Desember 2009. Pameran yang mengangkat tema Jadikan Produk dalam Negeri Sebagai Tuan Rumah di Negeri Sendiri Agar Dapat Menciptakan Lapangan Kerja, Memperkuat Pasar dan Memacu Tumbuh Kembang Kreativitas Anak Bangsa ini dibuka untuk umum dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

     "Dalam acara pembukaan akan dilakukan pengguntingan pita oleh Menbudpar Jero Wacik, Mendag Mari Elka Pangestu, Duta Besar Mexico dan para Mitra Mutumanikam Nusantara Indonesia, kemudian pada 11 Desember 2009 pukul 10.00 WIB Ibu Negara Hj.Ani Bambang Yudhoyono akan hadir untuk meninjau pameran,"  kata Ketua Perkumpulan Mutumanikam Nusantara Herawatie Wirayuda
didampingi Dirjen Pemasaran Depbupdar  DR. Sapta Nirwandar dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (4/12) sehubungan akan digelarnya pameran tersebut.

     Dalam pameran Mutumanikam Nusantara 2009 akan ditampilkan koleksi perhiasan
mutumanikam seperti gelang, cincin, kalung, anting-anting, bros dan perhiasan lainnya. Satu andalan yang dipamerkan dalam acara itu adalah koleksi mutiara berkualitas tinggi yang dibuat para perajin Indonesia dengan disain yang sangat menarik.

     Menurut Sapta Nirwandar, Indonesia memiliki kekayaan melimpah ruah akan batu mulia serta mutiara yang lokasi budidayanya antara lain di Maluku dan Lombok. "Batu mulia dan mutiara yang telah menjadi produk perhiasan mutumanikam ini sudah diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Jenewa, Milan dan Zurich. Perhiasan mutumanikam berkualitas tinggi ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia," kata Sapta Nirwandar.

     Upaya untuk mengembangkan perhiasan mutumanikam Indonesia di pasar internasional terus dilakukan antara lain dengan aktif mengikuti pameran perhiasan internasional seperti di Baselworld, Basel, Swiss sebagai event pameran perhiasan terbesar dunia.

     Dalam pameran Mutumanikam Nusantara 2009 juga digelar peragaan busana dan perhiasan bekerjasama dengan Stephanus Hamy, demo membuat perhiasan oleh perajin perhiasan dari Kota Gede, lomba design perhiasan, pegelaran tari tradisional dan hiburan musik dengan menampilkan sejumlah penyanyi antara lain Rini dan Gisel IDOL serta Vita dan Dewi KDI.

     Mutumanikam Nusantara adalah sebuah yayasan nirlaba yang merupakan himpunan para pecinta dan perajin perhiasaan. Pendirian yayasan ini diprakarsai oleh Ibu Negara Ny.Ani Susilo Bambang Yudhoyono.

     Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Penerangan dan Humas , Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009