Saham China ditutup melonjak, catat keuntungan hari kedua beruntun

Saham China ditutup melonjak, catat keuntungan hari kedua beruntun

Sejumlah warga memperhatikan pergerakan saham pada layar monitor elektronik di rumah bursa di Beijing, China. ANTARA/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/aa.

Beijing (ANTARA) - Saham-saham China berakhir lebih tinggi pada perdagangan Senin, mencatat keuntungan untuk hari kedua berturut-turut setelah rilis terbaru data aktivitas pabrik China yang kuat menunjukkan pemulihan ekonomi sedang berlanjut.

Indikator utama pasar saham China, Indeks Komposit Shanghai melonjak 1,75 persen menjadi ditutup pada 3.367,97 poin, sementara Indeks Komponen Shenzhen di bursa kedua China berakhir melambung 2,40 persen menjadi 13.964,56 poin.

Nilai transaksi gabungan saham yang mencakup kedua indeks tersebut meningkat menjadi 1,33 triliun yuan (sekitar 190,6 miliar dolar AS) dari 1,15 triliun yuan (sekitar 164,6 miliar dolar AS) pada perdagangan akhir pekan lalu.

Jumlah saham naik jauh melebihi saham turun, sebanyak 1.362 saham terhadap 122 saham di bursa Shanghai dan 2.094 saham terhadap 155 saham di bursa Shenzhen.

Saham-saham yang terkait dengan proyek industri militer, navigasi satelit dan drone memimpin kenaikan, dengan saham PIESAT Information Technology Co, Ltd, penyedia teknologi satelit penginderaan jarak jauh, melonjak 15,17 persen menjadi 55,95 yuan.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham-saham perusahaan sedang berkembang di papan bergaya Nasdaq China, melambung 2,63 persen menjadi ditutup pada 2.868,88 poin.

Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi, lanjutkan kenaikan akhir pekan lalu
Baca juga: Saham China ditutup lebih rendah, hentikan kenaikan tiga hari beruntun
Baca juga: Saham-saham China ditutup melonjak, melambung tiga hari beruntun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar