Pelindo III ajak komikus nasional ikuti kompetisi digital nasional

Pelindo III ajak komikus nasional ikuti kompetisi digital nasional

Pengumuman kompetisi digital nasional bertajuk Portizen Digital Comic Competition dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia  (ANTARA /H.O Pelindo III)

Surabaya (ANTARA) - Pelindo III melalui komunitas pecinta dunia maritim atau biasa disebut "I’M Portizen" mengajak komikus nasional mengikuti kompetisi digital nasional bertajuk Portizen Digital Comic Competition dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia

"Kami mengundang seluruh insan seniman komikus se-Indonesia untuk turut mengikuti Digital Comic Competition, kami harap ini bisa menjadi wadah para insan komikus turut memeriahkan perayaan kemerdekaan RI yang ke-75 ini dengan menyalurkan ekspresi karya mereka melalui perlombaan ini," kata Ketua Panitia Portizen Digital Comic Competion, Muhammad Nur Majid, di Surabaya, Selasa.

Nur Majid mengatakan, kegiatan ini seluruhnya dilakukan secara daring menyesuaikan pola adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi.

Baca juga: Siswi Tulungagung terpilih lagi jadi anggota Paskibraka Istana Negara

Pihak panitia, kata dia, juga telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai belasan juta rupiah serta sertifikat penghargaan bagi para pemenang.

Selain itu, akan ada juga pemenang dengan kategori "likes" terbanyak di instagram. Para pemenang Portizen Digital Comic Competition juga berkesempatan untuk mengikuti seminar daring tentang komik dari salah satu dewan juri.

Nur Majid menjelaskan acara dengan tema besar Kolaborasi Semangat 45 dalam Budaya Maritim Indonesia itu di gelar dengan tujuan meningkatkan sikap nasionalisme para milenial.

"Nilai itu tercermin dengan wajib dimasukkannya unsur Negara Indonesia sebagai negara maritim dalam sebuah karya komik yang akan diperlombakan," katanya.

Baca juga: Sambut HUT RI, Satgas Pamtas pasang bendera di perbatasan

Dewan juri dalam kegiatan hasil kerja sama dengan Pelindo III tersebut terdiri dari kalangan seniman komik nasional. Mereka akan menyeleksi seluruh karya untuk masuk ke babak final (grand final).

Nantinya, menurut dia, 10 karya terbaik wajib mempresentasikan karya mereka kepada dewan juri via daring.

Sementara itu, pendaftaran Portizen Digital Comic Competition dibuka untuk umum dengan rentang usia 15-25 tahun dari tanggal 31 Juli hingga 6 Agustus 2020.

Waktu pengumpulan karya mulai dibuka pendaftaran hingga tanggal 12 Agustus 2020. Caranya, mendaftarkan diri melalui link bit.ly/RegisPDCC yang juga dicantumkan di bio instagram @importizen untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Tetap merdeka meski ada virus corona
Baca juga: Sambut HUT kemerdekaan RI, Forkopimda Bogor kibarkan bendera raksasa
Baca juga: Bantul akan gelar Nikah Bareng Merah Putih peringati HUT Kemerdekaan

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pelindo III targetkan 50 kunjungan kapal pesiar di pelabuhan Gili Mas 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar