Jakarta, (ANTARA News) - Karcis kereta api eksekutif untuk tanggal 23-24 Desember ke berbagai jurusan dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat sudah habis menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru Masehi 2010.

Wakil Kepala Stasiun Gambir M. Basyir, di Jakarta, Senin mengatakan, jumlah pemesanan tiket kereta api selama musim libur akhir tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

"Peningkatan jelas ada, yaitu sekitar 40 persen," katanya.

Menurut Basyir, penambahan kereta juga sudah disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. "Berapa penambahannya, kita belum kita jumlahnya," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini yang akan dilakukan Stasiun Gambir yaitu memaksimalkan jumlah kereta api dan gerbong yang ada.

"Misalnya yang tadinya tujuh gerbong bisa menjadi delapan hingga sembilan gerbong," tuturnya.

Pemesanan tiket seperti sebelumnya sudah dilakukan secara online sejak 30 hari sebelum keberangkatan sehingga ia yakin dapat mengurangi percaloan. Namun, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan ketat.

Stasiun Gambir telah pula mengantisipasi masalah keamanan saat tingginya jumlah penumpang ketika libur akhir tahun nanti.

"Kita juga sudah punya petugas keamanan sendiri," tandasnya.

Sementara itu, di Stasiun Senen, jumlah pemesanan tiket kereta api untuk semua tujuan mengalami peningkatan. Bahkan, tiket perjalanan sejak beberapa hari menjelang liburan sudah terjual habis.

"Semua (karcis, red) tujuan sudah terjual habis untuk tanggal 23 sampai 25 Desember nanti," kata Wakil Kepala Stasiun Senen, Iwan Riyanto.

Iwan Riyanto mengatakan jumlah pemesanan tiket di Stasiun Pasar Senen menjelang libur akhir tahun ini diperkirakan meningkat sampai 30 persen dari hari biasanya.

Kalau pada hari biasa jumlah penumpang 6000 sampai 7000 orang , maka pada hari libur bisa mencapai angka 8000 sampai 9000 penumpang.

Dibandingkan tahun lalu, jumlah penumpang kereta api sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2010 juga diperkirakan meningkat.

"Kalau sampai sekarang baru kurang lebih 10 persen dari tahun lalu," jelasnya.

Diperkirakan, jumlah tersebut akan meningkat terutama pada tanggal 17 Desember, sebelum Tahun Baru Hijriah dan 24 Desember, sebelum Hari Raya Natal. Sampai saat ini Stasiun Pasar Senen belum membicarakan lagi tentang penambahan jumlah gerbong yang mungkin dilakukan sebagai antisipasi tingginya penumpang.

"Kalau penambahan gerbong akan dibicarakan siang ini,"lanjutnya.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009