Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan kerja ke Bandung, Jawa Barat 7-8 Desember 2009 dan bersama rombongan berangkat dari Jakarta menuju Bandung, Senin malam.

Dalam kunjungan kerjanya ke Bandung, Presiden dijadwalkan membuka Sidang Umum ke-4 Konferensi Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) pada Selasa pagi, 8 Desember 2009.

Kemudian pada Selasa siang, Kepala Negara dijadwalkan melakukan penanaman pohon dalam rangka program menanam pohon nasional setiap Desember sebagai salah satu upaya pelestarian lingkungan.

Menurut Ketua Badan Kerja sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Hidayat Nurwahid, pemilihan Kota Bandung sebagai lokasi penyelenggaraan Sidang Umum ke-4 APA, 7-10 Desember, adalah untuk menyegarkan lagi semangat Bandung yang pernah menjadi lokasi Konferensi Asia Afrika.

Ia mengatakan bahwa agenda sidang kali ini adalah pembangunan ekonomi dan sosial dengan pendekatan pelestarian lingkungan yang akan sejalan dengan Konferensi Perubahan Iklim di Copenhagen, 7-18 Desember.

"Dari sidang umum ini akan lahir Deklarasi Bandung yang intinya mengupayakan agar negara-negara Asia bisa diperhitungkan di dunia internasional," katanya.

Sidang Umum ke-4 APA itu diikuti oleh sedikitnya 174 perwakilan parlemen dari 26 negara, empat negara peninjau dan tiga organisasi parlemen di Asia.

Delegasi Indonesia berjumlah 12 orang yang terdiri atas dua pimpinan DPR, empat dari BKSAP DPR, enam orang panitia pelaksana.

APA memiliki 39 parlemen anggota, 18 parlemen peninjau dan tiga organisasi parlemen peninjau.

Sementara itu terkait dengan acara pembukaan Sidang Umum ke-4 APA empat ruas jalan utama di sekitar Gedung Merdeka ditutup untuk umum.

Keempat ruas jalan yang ditutup yaitu Jl. Asia Afrika, Jl. Cikapundung Barat, Jl.Cikapundung Timur dan Jl. Braga.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009