Banggai Kepulauan, Sulawesi Te (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol. Agus Nugroho bersama Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengecek langsung ke lokasi kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Banggai Kepulauan.
 
"Setelah selesai memimpin apel gelar pasukan pengamanan, Bapak Kapolda Irjen Pol. Agus Nugroho dan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya langsung terbang ke Kabupaten Bangkep menggunakan helikopter Polri," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono di Kota Palu, Senin.

Baca juga: Pemprov siap sambut kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Sulteng
 
Kabupaten Bangkep menjadi salah satu wilayah di Sulawesi Tengah yang akan dikunjungi oleh Presiden Jokowi pada Selasa (26/3), dalam rangka peresmian proyek ruas jalan Inpres Jalan daerah (IJD) dan mengunjungi Pasar Salakan untuk menyerahkan bantuan kepada pedagang.
 
Kapolda bersama Pangdam meninjau kedua lokasi tersebut dengan didampingi pejabat Bupati Bangkep Ikhsan Basir dan Kapolres Bangkep AKBP Jimmy Marthin Simanjuntak serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD.

Baca juga: Polda kerahkan 2.809 personel amankan kunjungan Jokowi di Sulteng
 
Djoko mengatakan pengecekan lokasi ini untuk memastikan sejumlah tempat yang akan dikunjungi Presiden telah dalam keadaan siap dan terjamin keamanannya.
 
"Kapolda Sulteng dan Pangdam XIII/Merdeka juga ingin memastikan langsung kesiapan objek yang akan dikunjungi Presiden RI dalam kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tengah,” ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan resmikan sejumlah infrastruktur di Sulteng
 
Selain itu, kunjungan tersebut untuk memastikan personel TNI dan Polri serta stakeholder terkait yang terlibat pengamanan telah siap dan diharapkan berjalan dengan baik dan lengkap.
 
Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulteng juga mengingatkan seluruh unsur yang terlibat pengamanan VVIP kunjungan Presiden RI untuk melaksanakan tugas penuh rasa tanggung jawab dan memperhatikan standar operasional prosedur (SOP).
 
Pada pengamanan ini, sekitar 5.000 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden Jokowi di Sulteng.

Baca juga: Kunjungan perdana Presiden Jokowi ke Sekadau disambut antusias warga
 
Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Kota Palu menggunakan pesawat kepresidenan pada Selasa (26/3). Selanjutnya, Presiden melanjutkan ke Kabupaten Banggai untuk transit, dan dilanjutkan ke Kabupaten Banggai Kepulauan dalam rangka meresmikan proyek ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD) serta meninjau Pasar Salakan.
 
Pada tanggal yang sama, Presiden Jokowi kembali ke Banggai dan bertolak ke Kota Palu untuk meresmikan lima bandara, yakni Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Bandara Prins Mandapar Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno Siau, Bandara Bolaang Mongondow, Bandara Panua Pohuwato di Gorontalo.
 
Usai meresmikan bandara, Presiden bersama rombongan menuju RSUD Anutapura Palu guna melakukan peresmian proyek-proyek revitalisasi pascabencana 2018, yakni RSUD Anutapura Palu, UIN Datokarama Palu serta hunian tetap di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Baca juga: Presiden akan tinjau RSUD Sibuhuan dan serahkan bantuan pangan
 
Kemudian hari kedua kunker di Sulteng (27/3), Presiden Jokowi diagendakan meresmikan proyek pembangunan KSOP Teluk Palu, yang terdiri dari tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Wani, Pelabuhan Gonenggati.
 
Kemudian, Jokowi menuju ke lokasi irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi untuk meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi di Gumbasa.
 
Setelah itu, Presiden menuju ke Kabupaten Toli-Toli dalam rangka meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido dan Gudang Bulog sekaligus menyerahkan bantuan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) dan kembali ke Kota Palu,selanjutnya bertolak ke Jakarta.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024