Presiden Jokowi diagendakan tiba di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai pada 26 Maret 2024.
Palu (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam rangka meresmikan sejumlah infrastruktur pembangunan di daerah ini.
 
Asisten Administrasi Umum Pemprov Sulteng M Sadly Lesnusa menghadiri rapat koordinasi persiapan kunjungan kerja Presiden Jokowi, di Kantor Gubernur Sulteng (Sulteng), Kota Palu, Jumat. Kegiatan ini berlangsung secara virtual dan dipimpin oleh Biro Protokol Presiden Muh. Saiful.
 
"Hasil rapat memutuskan beberapa hal, di antaranya Presiden Jokowi diagendakan tiba di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai pada 26 Maret 2024," kata Sadly.
 
Selanjutnya, Jokowi bersama rombongan terbatas menuju Kabupaten Banggai Kepulauan menggunakan Heli Super Puma.
 
Ia mengemukakan tujuan Presiden RI ke Kabupaten Banggai Kepulauan dalam rangka meresmikan proyek ruas jalan Inpres Jalan Daerah (IJD) serta meninjau Pasar Salakan, kemudian kembali ke Kabupaten Banggai dan bertolak menuju Kota Palu.
 
Dia menyampaikan bahwa setiba di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Presiden Jokowi diagendakan meresmikan 5 bandara, yakni Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Bandara Prins Mandapar Banggai Laut, Bandara Taman Bung Karno di Siau, Bandara Bolaang Mongondow, dan Bandara Panua Pohuwato di Gorontalo.
 
Usai meresmikan bandara, Presiden RI menuju ke tempat peristirahatan di salah satu hotel di Kota Palu.
 
"Hari kedua kunker di Sulteng Rabu (27/3), Presiden Jokowi didampingi Gubernur Rusdy Mastura menuju Pelabuhan Pantoloan dalam rangka meresmikan proyek pembangunan KSOP Teluk Palu yang terdiri dari tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Wani, Pelabuhan Gonenggati," ujarnya lagi.
 
Kemudian, Presiden menuju ke lokasi irigasi Gumbasa dalam rangka meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi di Gumbasa.
 
Setelah itu, Presiden Jokowi menuju ke Kabupaten Toli-Toli dalam rangka meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokopido dan gudang Bulog sekaligus menyerahkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).
 
Presiden Jokowi kembali ke Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, kemudian bertolak ke Jakarta, katanya pula.
Baca juga: Presiden Jokowi sebut pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah bagus
Baca juga: Presiden perintahkan Gubernur Sulteng berdayakan katering lokal

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024