Bandung (ANTARA News) - Empat ruas jalan yang terletak dekat Gedung Merdeka akan ditutup guna mengamankan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan acara konfrensi "Asian Parlementary Assembly," Selasa.

Kabag Ops Polwiltabes Bandung AKBP Soni Handoko, Senin, di Bandung menuturkan, beberapa ruas jalan yang ditutup tersebut salah satunya Jalan Asia Afrika dikarenakan jalan tersebut terletak di depan Gedung Merdeka.

"Selain jalan Asia Afrika, Jalan Braga, jalan Cikapundung Barat dan juga jalan Cikapundung Timur juga akan ditutup," ujarnya di Bandung.

Penutupan tersebut akan dilakukan dari pukul 06.00 WIB, Selasa. Untuk pembukaan arus lalu lintas jalan tersebut dilihat dari kondisi acara.

"Kita sudah siap dari pagi hari untuk menutup ruas jalan tersebut. Namun, untuk pembukaanya melihat situasi dan kondisi. Apabila situasi sudah memungkinkan kita akan buka jalan tersebut," ujar Sony Handoko.

Dia menambahkan, Polwiltabes menurunkan sekitar 3000 pasukan untuk amankan acara tersebut.

"Selain itu, kita juga bersiaga di beberapa ring karena dikhawatirkan ada beberapa elemen mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa," ujarnya.

Ada beberapa titik yang menjadi pengamanan demo elemen mahasiswa seperti jalan Tamblong dan Alun-alun timur.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan para petugas sudah bersiaga dari Senin sore. Beberapa petugas dari Brimob Polda Jabar, Tim Gegana dan Penjinak Bom sudah turun ke tempat lokasi.

Jajaran Kepolisian Polda Jabar mengerahkan 2000 pasukan untuk mengamankan Konfrensi perwakilan Parlemen se-Asia tersebut.

Pasukan tersebut disiagakan dari Intelkam, Reskrim, Dalmas Samapta/Patroli, pengamanan objek vital serta jajaran Polwil, polres dan Polsek sekitar.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009