Pagaralam, Sumsel,(ANTARA News) - Kota Pagaralam Sumatra Selatan (Sumsel) diguncang gempa berekekuatan 5,1 SR pada pukul 07.11.38 WIB, berpusat di Bintuhan Provinsi Bengkulu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bengkulu, Dadang Praman didampingi Dedy staf operasional dihubungi, Selasa, mengatakan gempa berkekuatan 5,1 SR kedalam 21 Km berpusat di Bintuhan Bengkulu Selatan dengan lokasi gempa 17 Km BD dan di 4,74 LS dan 103,19 BT.

Menurut dia, gempa ini cukup terasa bukan hanya di daerah pusat sekitar Provinsi Bengklu Bintuhan yang menjadi pusat gempa tapi termasuk daerah sekitar seperti Kota Pagaralam, Lahat dan ada beberapa daerah lainnya.

"Gampa ini hanya terasa getaranya saja, tapi tidak berpotensi tsunami atau mengakibatkan kerusakan," kata dia.

Sementara pantauan di Pagaralam, Selasa, gempa yang cukup terasa sempat membuat warga dan termasuk penghuni rumah dan bangunan tinggi berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri, khawatir gempa susulan yang lebih kuat lagi terjadi.

"Kami cukup kaget saat terjadi gempa, karena getaranya sangat terasa sampai-sampai bola lampu, lemari dan air bak bergoyang cukup kuat," kata Andika Warga Kelurahan Sokorejo Kota Pagaralam.

Senada, Ruslan Warga Bangun Rejo, mengatakan memang cukup terasa gempa yang terjadi di Pagaralam, semua bangunan dan tiang listrik terlihat bergoyang cukup kuat.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009