Bandung (ANTARA News) - Arus lalulintas di Jalan Dewi Sartika atau di Alun-alun Timur Bandung, Jawa Barat, Selasa, macet karena aksi ratusan mahasiswa yang turun ke jalan dan sempat bersitegang dengan petugas keamanan.

Kemacetan, yang terjadi sejak pukul 09.00 WIB di Jalan Dewi Sartika, Dalem Kaum, Lengkong Besar, Tamblong, Asia-Afrika, Pungkur dan Otista, kembali terurai secara normal setelah aksi di empat titik di seputar kawasan Gedung Merdeka kota kembang itu berakhir sekitar pul 11.30 WIB.

Di Jalan Dewi Sartika, kendaraan terjebak dan tidak dapat bergerak sama sekali. Di samping ditutupnya sebagian jalan protokol, jumlah massa yang bertumpuk juga mempengaruhi laju kendaraan.

Bahkan kemacetan panjangnya mencapai satu kilometer yang terpusat di Alun-alun Bandung. Adanya penutupan jalan seperti Jl Baraga, Asia Afrika dan Naripan tersebut, membuat kendaraan yang melintas harus berputar lebih jauh.

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Bandung Raya, berunjuk rasa dengan tema sentralnya pembersihan negara dari korupsi bersamaan dengan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Gedung Merdeka membuka Sidang Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly) Selasa pagi.

Berbagai elemen mahasiswa silih berganti berdatangan menuju Alun-alun timur Kota Bandung, bahkan mereka melakukan aksi memblokir jalan sehingga menimbulkan kemacetan.

Para pengunjuk rasa umumnya meminta ketegasan presiden dalam memberantas korupsi dan mafia peradilan, dan secara lebih khusus terkait kasus Bank Century.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009