Jakarta (ANTARA News) - Pesawat Garuda Indonesia Boeing 737-400 dengan nomor penerbangan GA 183 dilaporkan batal lepas landas (take off) di Bandara Polonia pukul 09.22 WIB karena suatu masalah.

"Pesawat itu batal take off karena ban belakang sebelah kiri kempes," kata Kepala Komunikasi Perusahaan Garuda Indonesia, Pujobroto, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Pujobroto menjelaskan, pesawat sebenarnya sudah siap di landasan pacu untuk take off, tetapi ketika melaju beberapa saat, sang pilot Capt. Triatmoko merasakan goncangan.

"Seketika pesawat masih bisa dikendalikan dan dihentikan dengan pengereman biasa," katanya.

Pujo mengakui, setelah dilakukan pemeriksaan oleh teknisi pesawat, diketahui bahwa ban belakang sebelah kiri kempes akibat pengereman yang dilakukan oleh pilot.

Menurut Pujobroto, ban yang kempes tersebut disebabkan alat pengaman safety plaque yang terbuat dari timah meleleh dan mengenai ban.

"Pilot memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan dan kembali ke hangar untuk mengganti ban yang membutuhkan waktu sekitar satu jam," kata Pujo.

Pujo menambahkan, tidak ada korban luka atau apa pun dalam peristiwa itu. "134 penumpang pesawat menunggu di lounge bandara sebelum diberangkatkan kembali," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009