Jakarta (ANTARA News) - KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) menegaskan kesiapannya menjadi ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Penegasan itu dikemukakan Gus Sholah saat menjadi pembicara dalam diskusi terbatas di Jakarta, Rabu.

Menurut adik kandung Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu, kesiapannya itu bukan karena ia menginginkan jabatan ketua umum PBNU, melainkan karena permintaan para kiai di Jawa Timur.

"Beberapa kiai mendukung saya," kata Gus Sholah seraya menjelaskan para kiai itu memberi dukungan karena menilai dirinya mudah menerima nasihat.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang berusia 67 tahun itu mengakui sebenarnya ia sudah terlalu tua untuk menjadi ketua umum PBNU, namun para kiai menilai ia masih sehat dan mampu menjalankan tugas itu.

Untuk menyosialisasikan visi dan misinya tentang NU ke depan, Gus Sholah bersama sejumlah kandidat lainnya, yaitu Slamet Effendy Yusuf dan Masdar Farid Masudi, telah berkeliling ke delapan wilayah di Indonesia.

Sejauh ini Gus Sholah dipandang sebagai salah satu figur yang tidak pernah menimbulkan kontroversi di internal NU dan diharapkan terpilih sebagai ketua umum menggantikan posisi KH Hasyim Muzadi pada Muktamar ke-32 NU di Asrama Haji Makassar, Sulawesi Selatan, 22-27 Maret 2010.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009