Beijing (ANTARA News/AFP) - China akan tetap mempertahankan kebijakan mengatasi krisis ekonomi global pada tahun depan, dengan melanjutkan mendorong konsumsi domestik dan menstimulasi pertumbuhan.

"Pemerintah akan melanjutkan mendorong pasar domestik agar terjaga dan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi secara relatif tahun depan," demikian kantor berita Xinhua Rabu mengungkapkannya, sambil menambahkan bahwa prospek di jangka pendek menantang.

Kebijakan tertentu sudah dipersiapkan yang ditujukan untuk meningkatkan konsumsi, katanya mengutip pertemuan eksekutif Dewan Negara yang dipimpin PM Wen Jibao. Kebanyakan kebijakan saat ini tetap dijalankan.

"Perekonomian China masih mengahdapi banyak tantangan tahun depan," katanya memperingatkan.

Kebijakan membantu rumah tangga pedesaan untuk membeli alat-alat elektronik akan dipertahankan, sedang subsidi untuk membeli mobil akan diperpanjang hingga akhir 2010.

Bantuan keuangan untuk membeli peralatan pertanian juga akan dilanjutkan seiring dengan kebijakan mengurangi pajak pembelian di mobil penumpang.

China mendorong peningkatan konsumsi domestik untuk mengurangi jatuhnya ekspor yang lesu akibat pasar-pasar utama seperti AS mengalami resesi.

Beijing tahun lalu meresmikan paket stimulus senilai empat triliun yuan (586 miliar dolar AS) bersamaan dengan pengurangan pajak untuk mendorong belanja domestik.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009