Jakarta (ANTARA News) - Menko Polhukam Djoko Suyanto menyatakan pemerintah berhasil menjaga stabilitas politik nasional dan lokal tetap kondusif sehingga ketertiban umum tetap terpelihara sepanjang 2009.

"Meskipun muncul persoalan dua pimpinan KPK (Komisi Pemberantsan Korupsi) dan Bank Century, tapi bisa diselesaikan dengan baik," kata Djoko pada seminar "Outlook 2010: Prospek Politik dan Ekonomi Indonesia" yang diselenggarakan LKBN ANTARA di Wisma ANTARA, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, perkara dua pimpinan KPK Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah dapat diselesaikan dengan baik meskipun terjadi perdebatan tentang cara mengakhiri perkara keduanya.

Sedangkan soal Bank Century, menurut dia, masyarakat patut bersyukur karena semua pihak bertekad untuk menjadikan perkara ini terang-benderang di hadapan publik.

"Presiden Yudhoyono bahkan mendorong agar semua pertanyaan yang jernih tentang perkara Bank Century dijawab secara tuntas," katanya.

Menurut Djoko, semua pihak berharap bagaimana duduk perkara Bank Century yang sebenarnya bisa diterangkan kepada publik, termasuk polemik dan spekulasi tentang perkara ini bisa dijelaskan dan diselesaikan oleh pihak berwenang.

"Semua pihak ingin agar perkara Bank Century bisa menjadi terang-benderang dengan adanya penjelasan secara transparan dan akuntabel," katanya.

Menurutnya, pemerintah juga berkepentingan agar semua persoalan menjadi terang-benderang, jelas, dan tuntas, demi kehormatan peribadi dan keluarga serta kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pemerintah juga berkepentingan pada tegaknya pemerintahan bersih dan berwibawa serta praktik demokrasi yang menjunjung tinggi supremasi hukum, mengelola kekuasaan berazaskan hukum, kesetaraan bagi semua warga negara, demikian Djoko. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009