Masjid Al Muhajirin Banjarmasin sediakan wifi gratis untuk pelajar

Masjid Al Muhajirin Banjarmasin sediakan wifi gratis untuk pelajar

Dhia Aprilia, Melisa, Nadya dan Piyona murid kelas 6 SDN Alalak Utara 1 Banjarmasin sedang mengikuti proses belajar secara online menggunakan fasilitas wifi gratis di Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin. (Antaranews Kalsel/ohi)

Banjarmasin (ANTARA) - Pengurus atau ta'mir Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin membuat terobosan spektakuler dengan menggratiskan jaringan internet (wifi) bagi pelajar, mahasiswa, dan warga sekitar dalam mengikuti sistem pendidikan daring selama pandemi COVID-19.

Ketua Ta'mir masjid, H Yuherli, Kamis, menuturkan program wifi gratis bagi masyarakat diharapkan dapat membantu warga yang mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bagi anak-anak mereka yang kini pola pendidikan masih menerapkan sistem daring (online).

"Sebagai bentuk keprihatinan atas situasi saat ini, dan empati kepada umat, fasilitas jaringan internet (wifi) di masjid ini kita buka untuk umum, dimaksudkan agar warga yang kesulitan membeli kuota untuk sistem pembelajaran anak-anak mereka secara daring, bisa dilakukan di masjid ini," kata Yuherli.

Dikatakannya, keberadaan wifi di Al Muhajirin sebenarnya sudah ada beberapa tahun ini, dan peruntukannya hanya terbatas jamaah dan ta'mir masjid, namun dalam situasi pandemi COVID-19 ini manajemen atau ta'mir membuka untuk umum.

Baca juga: Anggota DPRD DKI beri wifi gratis untuk murid di Duri Kosambi

Baca juga: Komisi A minta Pemprov DKI Jakarta sediakan Wi-Fi gratis untuk PJJ


Aktivis sosial ini menuturkan secara tidak langsung wifi gratis bagi umat ini sebagai bentuk dakwah bil hall, karena dengan belajar dan beraktivitas di masjid, maka mereka juga harus mengikuti tata tertibnya, salah satunya harus menutup aurat dan ikut shalat ketika waktunya tiba.

Sementara, Dhia Aprilia, murid kelas 6 SDN Alalak Utara 1 Banjarmasin Utara, yang pagi itu ikut belajar di Masjid Al Muhajirin mengaku senang dengan fasilitas wifi gratis, apalagi koneksi internetnya sangat cepat.

Ia bersama tiga rekannya Melisa, Nadiya dan Piyona yang juga kelas 6 itu menuturkan dapat informasi dari gurunya, tentang fasilitas wifi gratis di Masjid Al Muhajirin ini.

"Sebelumnya kami beli kuota satu sampai dua Gb hanya cukup maksimal dua hari, karena cara belajar harus via daring, jadi harus sering minta uang ke orangtua, sebenarnya, ya, kasihan sama mama, tapi mau bagaimana lagi," ujarnya polos saat ditemui.

Tapi dengan adanya wifi gratis di Masjid Al Muhajirin ini, sekarang belajar secara daring bisa leluasa meski tidak punya kuota.

Sementara itu, Masjid Muhammadiyah Al Muhajirin Banjarmasin berlokasi di Jalan HKSN RT 19 Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Banjarmasin.*

Baca juga: Polisi di Kupang sediakan WiFi untuk belajar daring anak kurang mampu

Baca juga: Kelurahan Jamsaren Kediri fasilitasi wifi gratis untuk anak sekolah

Pewarta: Imam Hanafi/shohib
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pelatihan merajut gratis bagi kaum difabel di Padang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar