Vientiane, Laos, (ANTARA News) - Dua boneka raksasa berisikan orang dan berbentuk anak-anak yang mengenakan baju dan celana serba merah yang dipenuhi tulisan kata-kata himbauan "anti rokok" berkeliling di area Main Press Centre (MPC), Jumat.

Keduanya yang dipandu seorang wanita belia mendekati satu persatu wartawan yang berada di MPC tersebut dan menyerahkan sebuah selebaran yang intinya berisi SEA Games bebas dari rokok "No Smoking SEA Games Vientiane 2009".

"Ini berkaitan pencanangan anti merokok yang akhir-akhir ini terus dikumandangkan oleh pemerintah di sini (Laos), kami ingin kota kami (Vientiane) bersih dari polusi," kata pemandu boneka tersebut, Jumat.

Sementara itu beberapa wartawan tampak sedang asyik menghisap rokok di kawasan "smoking area" cuma tersenyum melihat boneka-boneka tersebut.

"Wah kalau kami wartawan yang sudah terlanjur menjadi perokok, susah menghilangkan kebiasaan ini, bahkan kami tidak konsentrasi membuat berita kalau belum merokok," kata seorang wartawan yang tidak mau menyebutkan namanya yang sedang asyik merokok itu.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009