Menteri Edhy janji libatkan lulusan poltek kelautan dalam program KKP

Menteri Edhy janji libatkan lulusan poltek kelautan dalam program KKP

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam acara Wisuda Daring Nasional Pendidikan Tinggi Lingkup KKP, Senin (10/8/2020). ANTARA/M Razi Rahman

Selama masih dipercaya menjadi menteri, saya akan dedikasikan seluruh kemampuan yang KKP miliki untuk melibatkan seluruh lulusan politeknik...sektor tangkap, konservasi, rekreasi, budi daya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan bahwa sebanyak 1.356 wisudawan dari berbagai politeknik kelautan dan perikanan di bawah naungan KKP membuktikan bahwa pernyataan laut sebagai masa depan bangsa bukanlah jargon belaka.

"Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa laut adalah masa depan bangsa. Hari ini kita membuktikan bahwa laut masa depan bangsa bukan hanya jargon," kata Menteri Edhy Prabowo dalam acara Wisuda Daring Nasional Pendidikan Tinggi Lingkup KKP, Senin.

Menteri Edhy memaparkan bahwa hari ini pihaknya mengukuhkan kelulusan sebanyak 1.356 lulusan dari 10 Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) serta dari Akademi Komunitas KP Lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Baca juga: Menteri Edhy wajibkan sekolah kelautan KKP terima anak nelayan

Sebanyak 10 politeknik tersebut adalah Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta, Politeknik KP Sidoarjo, Politeknik KP Bitung, Politeknik KP Sorong, Politeknik KP Karawang, Politeknik KP Bone, Politeknik KP Kupang, Politeknik KP Pangandaran, Politeknik KP Dumai, Politeknik KP Jembrana, dan Akademi Komunitas KP Wakatobi.

Menteri Edhy menyatakan bahwa para lulusan itu adalah kader-kader terbaik anak-anak muda Republik Indonesia yang akan membangun bangsa, khususnya sektor kelautan dan perikanan.

Edhy Praboeo juga berjanji bahwa selama masih ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, seluruh program dalam membangun sektor ini akan melibatkan lulusan-lulusan politeknik kelautan dan perikanan.

Baca juga: Menteri Edhy optimistis ekspor perikanan melesat saat pandemi

"Selama masih dipercaya menjadi menteri, saya akan dedikasikan seluruh kemampuan yang KKP miliki untuk melibatkan seluruh lulusan politeknik yang ada pada kita, dari sektor tangkap, konservasi, rekreasi, budi daya, pengolahan akhir maupun tentang riset," kata Menteri Edhy.

Ia menyatakan bahwa tidak mudah bagi seseorang untuk memasuki politeknik KKP serta tidak mudah pula untuk menjalaninya dalam jangka waktu sekitar 3 tahun.

Baca juga: Menteri Edhy sebut izin budidaya udang sekarang satu pintu di BKPM

Sementara itu Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (SDM) KKP Sjarief Widjaja menyatakan pihaknya terus mengupayakan peningkatan kualitas lulusan politeknik KKP sehingga meluluskan wisudawan yang unggul.

Sjarief menyatakan ada tiga capaian kompetensi yang harus dimiliki setiap lulusan yaitu pengetahuan, keterampilan, serta siap yang mulia.

Ia juga mengemukakan bahwa pihaknya melakukan pula evaluasi eksternal di setiap satuan lingkup pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan KKP.

Baca juga: Menteri Edhy sebut keanekaragaman laut sumber kesejahteraan bangsa


 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menteri Edhy tegaskan komitmen Lumbung Ikan Nasional di Maluku

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar