Jakarta (ANTARA) - Salah satu ajang balap mobil terkenal di dunia, yaitu Le Mans 24 Hours tahun ini dipastikan akan tetap digelar pada September mendatang, meskipun tanpa penonton.

Padahal ajang balap ketahanan itu menjadi salah satu perlombaan yang populer karena selalu menarik perhatian para penggemar setidaknya hingga 252.000 orang pada 2019. Bahkan beberapa film tentang event tersebut pernah dibuat termasuk “Le Mans” yang dibintangi Steve McQueen pada 1971 silam.

“Sayangnya, ajang balapan ketahanan terbesar di dunia akan berlangsung tanpa penonton pada tahun ini,” kata Pierre Fillon selaku presiden Automobile Club de l’Ouest, sebagaimana dikutip AFP, Senin.

Baca juga: Balap Le Mans 24 Hours diundur ke September

“Dengan berbagai pertimbangan dalam penyelenggaraan event berskala besar selama beberapa hari di tengah situasi saat ini, kami beserta otoritas pemerintah daerah memilih untuk menggelar lomba secara tertutup,” katanya.

Le Mans 24 Hours yang akan memasuki edisi ke-88 pada tahun ini akan berlangsung sesuai jadwal, yakni 19-20 September di Sirkuit de la Sarthe, Prancis setelah sempat mengalami penundaan pada Juni lalu.

Meski ditunda, sebagai gantinya, panitia mengadakan ajang balap virtual pada 13-14 Juni, di mana para pebalap dan atlet esports profesional menjadi pesertanya.

Pada balapan tahun lalu, gelar juara Le Mans berhasil dimenangi oleh pebalap Toyota yang juga merupakan juara dunia Formula 1 Fernando Alonso.

Baca juga: Tim Rebellion Williams Esport juarai 24 Hours of Le Mans virtual

Baca juga: Leclerc tertarik membalap pada 24 Hours of Le Mans

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020