Jakarta (ANTARA) - Petenis putri peringkat dua dunia Simona Halep hingga kini belum memberikan kepastian mengenai keikutsertaannya dalam turnamen US Open yang akan digelar pada 31 Agustus-13 September 2020 di New York, Amerika Serikat.

Meski demikian, petenis berusia 28 tahun itu mengaku akan memberikan kepastiannya setelah tampil pada turnamen WTA Prague Open yang berlangsung 8-16 Agustus 2020 di Praha.

"Saya akan memberikan kepastian mengenai US Open setelah Prague Open nanti. Saya harus melihat sejauh mana kesiapan panitia US Open, terutama berkaitan dengan urusan perjalanan dan sebagainya. Setelah itu, barulah saya bisa memutuskan," kata Halep dikutip dari Reuters, Senin.

Baca juga: Simona Halep akan tampil di Prague Open

Kekhawatiran lain muncul berkaitan dengan aturan yang mewajibkan seluruh pemain untuk melakukan karantina sepulangnya dari Amerika Serikat. Hal itu pun dinilai Halep akan memberatkan pemain, terlebih jika pemain tersebut sudah terjadwal untuk mengikuti turnamen lainnya dalam waktu yang berdekatan.

Sementara itu, pihak penyelenggara rencananya akan membuat semacam area steril sebagai lokasi perhelatan US Open nanti. Selain itu, pertandingan juga akan dilaksanakan tanpa penonton.

"Menurut saya, penyelenggaraan US Open tahun ini bisa membuat saya stres, belum lagi dengan adanya serangkaian protokol yang ketat. Tapi aturan itu memang diperlukan demi kesehatan dan keamanan semua pihak," ujar petenis Rumania tersebut.

Baca juga: Elina Svitolina juga mundur dari US Open

"Saat ini, kesehatan fisik dan mental menjadi prioritas saya dan saya tidak mau dibuat stres dengan persoalan apapun. Saya akan mengambil keputusan setelah mempertimbangkan semuanya matang-matang," tutur Halep.

Halep merupakan pemain unggulan di Prague Open. Pada laga pembuka, dia dijadwalkan akan bertemu dengan petenis asal Slovenia Polona Hercog.

Baru-baru ini, Halep mengundurkan diri dari Palermo Ladies Open yang merupakan turnamen pertama WTA Tour yang dilanjutkan kembali setelah sempat dihentikan selama lima bulan akibat pandemi COVID-19.

"Saya tidak bisa membuat keputusan dengan cepat. Saya selalu membuat keputusan akhir jelang dimulainya turnamen. Saya harus mengetahui seperti apa kondisinya terlebih dahulu," ungkap Halep.

Baca juga: Kiki Bertens turut mengundurkan diri dari US Open
Baca juga: Masih kuatir pandemi, Pavlyuchenkova pilih mundur dari US Open
Baca juga: Panitia yakin dengan protokol dan jaminan keselamatan US Open

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020