Palembang (ANTARA News) - Pereli nasional Rizal Sungkar memasang target go international pada tahun 2010. Menurut dia tahun 2010 adalah tahun yang tepat untuk merasakan aroma persaingan reli level dunia.

"Saya pikir, tahun 2010 adalah tahun saya untuk go international. Secara mental dan teknis, saya merasa sudah lebih siap dan merasa sudah memenuhi," kata Rizal di Palembang, Sabtu.

Langkah awal yang akan ditempuh Rizal dengan berlaga di ajang Asia Cup 2010. "Saya akan coba level Asia dulu, mungkin dengan menyiapkan dua mobil atau lebih," ujar dia.

Dia tak membantah, ajang tersebut terbilang berat baginya karena menjadi yang pertama, terlebih tingkat persaingan juga lebih ketat dibandingkan kompetisi di Indonesia.

"Jika ajang reli nasional Indonesia diikuti oleh 10-16 pereli, maka berbeda dengan ajang Asia Cup. Bisa-bisa puluhan pembalap berlaga disana dan persaingan sangat ketat sekali," ujar dia.

Selain itu, dia menambahkan, perally yang berlaga diajang itu, tergolong berpengalaman dan bukan pendatang baru.

"Butuh kesiapan matang untuk berlaga di ajang Asia Cup itu, baik fisik, mental, hingga dana. Sejauh ini, saya tetap optimis dapat memulai karier go international tahun depan," ujar dia.

Rizal Sungkar saat ini dengan co-driver-nya Indra Prasetyo sedang berlaga di ajang Rally Nasional 2009, di Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, 19-20 Desember 2009.

Sementara ini, dia berada diperingkat kedua klasemen sementara, berada dibawah pasangan Subhan Aksa dan Hade Mboi yang diperingkat pertama.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009