Dedi Mulyadi: Permasalahan lingkungan harus diselesaikan secara tuntas

Dedi Mulyadi: Permasalahan lingkungan harus diselesaikan secara tuntas

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi (tengah) saat kunjungan kerja ke pabrik di Purwakarta. (ANTARA/Ali Khumaini)

Purwakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menyatakan permasalahan lingkungan harus diselesaikan secara tuntas, tidak berakhir dengan pembagian kebutuhan pokok.

"Saya ingin isu lingkungan tetap isu lingkungan. Jangan sampai isu pencemaran lingkungan, tapi penyelesaiannya pembagian sembako," kata Dedi disela kunjungan kerja ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu.

Dikatakannya, penanganan masalah lingkungan harus dilakukan dengan fokus agar tuntas.

Baca juga: DLH DKI: ITF solusi permasalahan sampah Jakarta

Baca juga: Pemerhati sebut atasi permasalahan lingkungan perlu kolaborasi


Hal tersebut disampaikan karena banyak isu lingkungan, dijadikan kepentingan segelintir orang. Karena itu disarankan agar perusahaan dan lingkungan di sekitar pabrik saling bersinergi untuk menghasilkan lingkungan yang bahagia dan sejahtera.

"Kami ingin sungai itu bersih, ikannya juga nanti ikut bahagia. Anak-anak bahagia berenang di sungai. Jadi, dana CSR itu mestinya untuk penataan lingkungan, rumah kumuh, sanitasi, hingga penanaman pohon di sekitar perusahaan sebagai pembatas dengan pemukiman," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, RM Karliansyah mengakui hingga kini masih ada sejumlah perusahaan yang belum taat soal lingkungan.

Bagi perusahaan yang telah mendapatkan teguran tapi tidak diperbaiki, Karliansyah menyampaikan kalau pihaknya tidak segan untuk membekukan atau mencabut izin perusahaan nakal.*

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Penanganan abrasi di pesisir Riau masuk RPJMN

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar