Taipei (ANTARA News/Reuters) - Gempa kuat telah mengguncang banyak bagian Taiwan, Sabtu, kata para pejabat geologi, dengan televisi setempat melaporkan luka ringan dan kerusakan struktur pada sejumlah bangunan.

Survei Geologi AS menyatakan di lamannya (www.usgs.gov/), gempa tersebut memiliki kekuatan 6,4 pada skala Richter dan berpusat di lepas pantai timur pulau itu, 25 Km di tenggara kota Hualien.

Tidak ada laporan mengenai peringatan tsunami telah dikeluarkan.

Laporan awal televisi bahwa sebuah bangunan telah runtuh dekat Taipei adalah tidak benar, kata sebuah badan bencana Taiwan.

Sedikitnya empat orang terluka karena gempa itu, televisi Taiwan melaporkan kemudian. Sebuah menara air runtuh dan kaca hancur di sebuah hotel, kata televisi itu, sementara dua jalan putus di luar ibukota.

TSMC, pembuat chip kontrak terbesar dunia, melaporkan tidak ada kerusakan pada fasilitasnya di Taiwan.

Gempa itu terekam pada pukul 21.02 waktu setempat (pukul 20.02 WIB) dan berpusat di 44 Km di bawah permukaan laut, jelas Biro Cuaca Pusat Taiwan.

Gempat terjadi acap kali di Taiwan, yang terletak di rentangan kolam Pasifik yang aktif menurut ilmu gempa bumi.

Salah satu gempa terburuk yang tercatat, terjadi pada September 1999. Berkekuatan 7,6 menurut skala Richter yang tua, gempa itu menewaskan lebih dari 2.400 orang dan menghancurkan atau merusak 50.000 bangunan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009