Semarang (ANTARA News) - Rektor Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Prof. Laode M. Kamaluddin menilai, generasi muda Indonesia kini kehilangan tokoh yang dijadikan panutan dalam menjalani kehidupan.

"Generasi muda kita saat ini tidak punya teladan, ini memprihatinkan," katanya usai peluncuran buku terbarunya "Cerdas Bisnis Cara Rasulullah" di kampus itu di Semarang, Selasa.

Ia mengatakan, hal tersebut disebabkan beberapa hal, dantaranya salah memilih buku bacaan. "Coba dihitung, berapa pemuda yang suka membaca kisah sukses Bill Gates atau kehidupan Rasulullah," katanya.

Menurutnya, seseorang harus memiliki teladan untuk membentuk karakter sesuai dengan sosok yang diteladaninya tersebut, sebab karakter adalah modal terpenting untuk membangun pribadi berkualitas.

"Kehidupan berkarakter yang akan menentukan masa depan Indonesia, dan saya yakin generasi korup akan berakhir dan berganti dengan generasi yang menjunjung transparansi dan berkarakter," katanya.

Dia mengaku menulis bukut itu didasari oleh keprihatinan dan kegelisahanya terhadap generasi muda Islam yang telah kehilangan panutan, padahal Rasulullah adalah seorang tokoh yang patut diteladani.

Menurutnya, kecintaan terhadap pekerjaan sangat diperlukan untuk membangun kesuksesan, sebab perasaan cinta membuat seseorang mau berusaha sekuat tenaga tanpa melihat seberapa besar halangan yang ada.

"Adanya cinta terhadap pekerjaan yang digelutinya menjadikan seseorang menikmatinya dan mereka akan melakukan pekerjaan tersebut dengan sepenuh hati. Itu yang ingin saya ungkapkan lewat buku ini," kata Laode yang mengaku membutuhkan waktu sebulan untuk menulis bukunya ini.

Ia menambahkan, kecintaan terhadap impian untuk menjadi sukses juga menjadikan seseorang akan berusaha sekuat tenaga untuk meraihnya, tanpa melihat seberapa besar halangan dan rintangan yang akan ditemui. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009