Jakarta (ANTARA News) - Pengusaha nasional sekaligus bos grup Medco Arifin Panigoro terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) periode 2009-2013 setelah mengalahkan dua pesaingnya pada pemungutan suara di Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta, Rabu.

Arifin yang memperoleh 109 suara menyingkirkan Japto Soerjosoemarno (80 suara) dan Ketua Umum PB PGI periode 2005-2009 Jero Wacik (16 suara).

Usai terpilih, Arifin mengatakan langkah pertama yang akan dilakukannya adalah membentuk susunan kepengurusan PB PGI dalam tempo 30 hari. Arifin mengemukakan ia akan mendatangi sejumlah daerah dan juga klub golf demi mendapatkan masukan dalam menyusun kepengurusan tersebut.

"Saya masih belum mengantongi nama-nama untuk mengisi susunan tersebut dan saya terbuka dengan semua masukan. Namun, saya akan mengisi posisi tersebut dengan orang-orang muda yang aktif, berkompeten, mengikuti perjalanan golf, baik pembinaan dan peraturan," kata Arifin.

Selain itu dia mengatakan akan menggalakkan program pembinaan pegolf junior menjelang ajang SEA Games 2011 yang akan berlangsung di Indonesia.

"Pegolf junior merupakan prioritas saya, saya ingin memperbanyak jumlah pegolf junior yang nantinya kami tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bibit-bibit unggul di bidang olahraga golf," tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum PB PGI yang lama Jero Wacik menyatakan dukungannya terhadap Ketua Umum baru terpilih untuk menyukseskan PB PGI.

"Di samping kemajuan ada juga beberapa kekurangan dalam masa kepemimpinan saya. Namun itu adalah usaha maksimal yang saya telah berikan. Saya siap membantu dan bersedia ditempatkan dimanapun jika diminta untuk mengisi kepengurusan mendatang. Hal ini karena cita-cita saya adalah memajukan golf Indonesia," kata Jero Wacik yang juga adalah Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar).

Sedangkan seorang pengurus demisioner di PB PGI Netty Hariadi mengatakan cukup senang atas terpilihnya Arifin Panigoro sebagai Ketua Umum PB PGI yang baru.

"Saya mendukung atas terpilihnya beliau, saya kira di bawah pak Arifin olahraga golf terutama untuk pegolf junior bisa lebih maju dan berkembang," kata pengurus demisioner yang di PB PGI menjabat di bidang pertandingan tersebut.

"Menurut saya pak Arifin telah banyak memberi kontribusi kepada olahraga golf selama 10 tahun terakhir ini, terutama pembinaan bagi pegolf junior dengan mengadakan turnamen setiap tahun," tambahnya.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009