Jakarta (ANTARA News) - Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menneg PP) Linda Agum Gumelar mengatakan bahwa kesetaraan gender harus ditanamkan sejak dini.

"Pengetahuan tentang kesetaraan gender harus diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak di Indonesia, bahkan jika perlu sejak dia duduk di sekolah dasar agar dapat memahami dan mengaplikasikannya dengan baik," kata Menneg PP, Linda Agum Gumelar di Jakarta, Kamis.

Karena itu, Linda mengatakan pihaknya sedang memprogramkan untuk menanamkan pengetahuan tentang kesetaraan gender sejak dini kepada anak didik di tanah air .

Pada saat ini, Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sedang berkoordinasi dengan Departemen Pendidikan Nasional tentang penanaman pengetahuan kesetaraan gender kepada anak didik mulai dari sekolah dasar.

"Pada saat ini ,kami tengah melakukan proses pembicaraan dengan Departemen Pendidikan Nasional mengenai hal tersebut dan mempersiapkan segala sesuatunya," katanya.

Ia menjelaskan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk memasukkan pemahaman tentang kesetaraan gender dalam kurikulum nasional termasuk soal program dan buku-buku.

Linda Gumelar mengatakan, pengetahuan tentang kesejahteraan gender harus ditanamkan sejak dini kepada para pelajar, agar terbentuk pola pikir yang sistematis dan pemahaman yang sama antara orang tua dan anak-anak.

"Bahkan jika diperlukan, pemahaman mengenai kesetaraan gender telah ditanamkan oleh orang tua sejak anak itu lahir," katanya.

Karena itu , untuk membantu peran orang tua dalam menyosialisasikan tentang kesetaraan gender kepada anak-anaknya perlu dibuat program lebih lanjut di tingkat sekolah.

"Progam pengenalan kesetaraan gender sejak dini kepada anak didik dibutuhkan guna membantu peran orang tua menyosialisasikan hal tersebut lebih lanjut," katanya.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009